5 Bulan yang Baik Untuk Melangsukan Pernikahan Dalam Islam

5 Bulan yang Baik Untuk Melangsukan Pernikahan Dalam Islam
Dream.co.id
Editor: Malda Life Style —Selasa, 23 Januari 2024 09:11 WIB

Terasbhayangkara.com - 5 Bulan yang Baik Untuk Melangsukan Pernikahan Dalam Islam 

Menikah adalah momen sakral dalam kehidupan setiap pasangan muslim. Allah SWT telah menciptakan makhluk-Nya berpasang-pasangan agar mereka mengingat kebesaran Allah SWT.
Termaktub dalam surah Az Zariyat ayat 49, Allah SWT berfirman,


وَمِنْ كُلِّ شَيْءٍ خَلَقْنَا زَوْجَيْنِ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ ٤٩


Artinya: "Segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan agar kamu mengingat (kebesaran Allah)."
Maka dari itulah, setiap muslim harus mempersiapkan pernikahan dengan matang. Sebenarnya, Islam tidak memiliki waktu khusus untuk melangsungkan pernikahan. Semua hari dan bulan dalam Islam adalah baik.

Namun, memilih bulan yang baik untuk menikah menurut Islam menjadi sebuah pertimbangan yang penting. Lantas, apa saja bulan yang baik untuk menikah menurut Islam?

Bulan yang Baik untuk Menikah
1. Bulan Syawal
Bulan Syawal merupakan bulan berkah untuk melangsungkan pernikahan. Dirangkum dari buku Rahasia Rumah Tangga Rasulullah SAW oleh Yoli Hemdi dan Naura Shafwa, Rasulullah SAW melangsungkan pernikahannya dengan Aisyah pada bulan Syawal. Hal tersebut untuk mematahkan tradisi Arab pra-Islam yang menganggap Syawal sebagai bulan sial untuk melangsungkan akad dan menikah.


Aisyah RA berkata, "Rasulullah SAW menikahiku pada bulan Syawal dan beliau menggauliku pada bulan Syawal." (HR Tirmidzi)

Keutamaan menikah di bulan Syawal:
· Mengikuti sunnah Rasulullah SAW yang juga melangsungkan pernikahan pada bulan Syawal
· Menepis anggapan orang jahiliyah bahwa kesialan akan menghantui hidup bagi yang menikah di bulan Syawal.

2. Bulan Rajab
Dirangkum dari buku Doa dan Zikir Sepanjang Tahun oleh Hamdan Hamedan, bulan Rajab adalah kunci untuk bulan-bulan kebaikan. Rasulullah SAW biasa memuliakan bulan Rajab.

Bulan Rajab merupakan bulan dimana orangtua Rasulullah SAW menikah. Bulan Rajab juga merupakan bulan dimana Sayidah Aminah hamil dan mengandung Rasulullah SAW.

3. Bulan Rabiul Awal
Bulan Rabiul Awal merupakan bulan yang baik untuk menikah. Merujuk pada buku Meneladani Rasul dan Para Sahabat oleh A. Fatih Syuhud, Rasulullah SAW menikahkan putri ketiganya, Ummi Kultsum pada bulan Rabiul Awal.

Ummi Kultsum menikah dengan Utsman bin Affan pada bulan Rabiul Awal tahun ke-3 hijrah. Pernikahan antara Ummi Kultsum dengan Utsman bin Affan adalah perintah Allah SWT secara langsung.

4. Bulan Safar
Merujuk pada buku Indahnya Pernikahan & Rumahku, Surgaku oleh Ade Saroni, masyarakat Jahiliyah menganggap bahwa bulan Safar merupakan bulan kesialan. Namun Islam membuktikan bahwa bulan Safar bukanlah bulan sial dan Safar merupakan bulan yang baik untuk menikah.

Rasulullah SAW melangsungkan pernikahan dengan Sayyidah Khadijah pada bulan Safar. Pernikahan antara Sayyidina Ali dan Sayyidah Fatimah az-Zahra juga dilaksanakan di bulan Safar.

5. Bulan Muharram
Merujuk pada buku Baiti Jannati: Keluarga yang Diberkahi Allah oleh Malik al-Mughis, setiap muslim tidak boleh menghukumi adanya hari sial atau hari baik, kecuali dengan dalil yang terpercaya. Sebab, percaya dengan hari sial merupakan bentuk takhayul atau thiyarah (merasa sial setelah melihat atau mendengar sesuatu).

Mengadakan pernikahan di bulan Muharram (atau bulan Suro dalam sebutan orang Jawa) merupakan salah satu bentuk kesialan. Namun, Rasulullah SAW membantah pernyataan itu.

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, "Tidak ada penyakit menular, thiyarah, dan burung hantu, dan safar (yang dianggap membawa kesialan). Dan larilah dari penyakit kusta seperti engkau lari dari singa." (HR Bukhari dan Muslim)
Mempercayai kesialan seperti thiyarah bukanlah sifat seorang muslim, sebab hal tersebut merupakan kemusyrikan. Rasulullah SAW bersabda, "Thiyarah adalah kesyirikan. Thiyarah adalah kesyirikan." (HR Abu Dawud)

Baca artikel detikhikmah, "5 Bulan yang Baik untuk Menikah Menurut Islam" selengkapnya https://www.detik.com/hikmah/khazanah/d-7154943/5-bulan-yang-baik-untuk-menikah-menurut-islam.


Islam Pernikahan Viral Muslim Bulan yang Baik Untuk Menikah dalam islam


Loading...