H. Uus Kusnawan Sutarsa, Nakhodai BMPS Kabupaten Garut Periode 2024-2029

H. Uus Kusnawan Sutarsa, Nakhodai BMPS Kabupaten Garut Periode 2024-2029
(kiri) Ketua terpilih, H. Uus Kusnawan Sutarsa, S.Pd., MBA menerima SK dari Ketua harian BPMS Jawa Barat, Dr. Ir. Iyus Rustandi, M.Si
Editor: Jajang Teras Garut —Kamis, 1 Agustus 2024 19:40 WIB

TERASJABAR.ID - Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) Jawa Barat melantik pengurus BMPS Kabupaten Garut Periode 2024-2029 berlangsung di Gedung LEC, Jl. Guntur Sari No. 981, Desa Haurpanggung, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut pada Kamis (1/8/2024).

Pelantikan dihadiri diantaranya, Sekretaris Daerah Kabupaten Garut, Drs. H. Nurdin Yana, MH., Ketua Yayasan Al-Musaddadiyah Garut, Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M.Eng., Ketua AKSI Kabupaten Garut, Dr. Budi Suhardiman, M.Pd., Ketua harian BPMS Jawa Barat, Dr. Ir. Iyus Rustandi, M.Si., ketua beserta pengurus BPMS Kabupaten Garut sebelumnya, serta tamu undangan lainnya.

Ketua terpilih, H. Uus Kusnawan Sutarsa, S.Pd., MBA mengucapkan terima kasihnya kepada Drs. H. Agus Supendi, M.M.Pd., selaku ketua sebelumnya, dan mengucapkan selamat menikmati masa-masa purna tugas. Pun demikian pihaknya tetap akan melakukan komunikasi dan koordinasi untuk langkah-langkah selanjutnya.

Ia merasa yakin, dengan jajaran kepengurusan yang mumpuni dapat melakukan perubahan untuk sama-sama maju dalam mencapai tujuan pendidikan nasional.

"Insyaallah dalam waktu dekat kami akan melaksanakan rapat kerja, menyusun sebuah sistem dan program. Karena tanpa perencanaan yang baik, tidak mungkin akan menghasilkan buah yang baik," ucap H. Uus yang mengaku asli orang Cisurupan.

Ia berharap kepada seluruh pengurus disertai penuh rasa ikhlas, dan ridho Allah SWT., sama-sama bekerja untuk mengejar, kalau uang dirasa mustahil untuk didapatkan dari organisasi, tapi Allah SWT., akan memberikan rezeki yang tidak diduga-duga.

"Keberkahan yang diterima mungkin nanti, rata-rata di sini para pendiri sekolah, para penyelenggara pendidikan, mereka akan diberikan rezeki yang luar biasa, siswa yang banyak, kemudian otomatis ke kantongnya juga bakal naik," harapnya.

Ia pun berjanji akan melakukan konsolidasi, menjemput bola ke bawah, bersilaturahmi dengan banyaknya yayasan yang ada di Kabupaten Garut, yang dirasanya harus melakukannya, dengan target beberapa sekolah dalam setahun.

Terpisah, Ketua harian BPMS Jawa Barat, Dr. Ir. Iyus Rustandi, M.Si, mengucapkan selamat kepada pengurus BMPS Kabupaten Garut periode 2024-2029, semoga kedepannya lebih maju. Meskipun pengurus BMPS tak mendapatkan gajinya, tapi jadikan pengabdiannya tersebut sebagai amal kebaikan untuk dapat dijemput kelak.

"Proses peningkatan kualitas pendidikan khususnya di Kabupaten Garut, barangkali bertalian dengan harapan dari BMP Provinsi Jawa Barat. Dan hal lainnya, harus mencoba melakukan penataan ulang mengidentifikasi berbagai macam hal yang sekiranya selama ini kurang," tandasnya.

Sementara Sekda Garut, Nurdin Yana berharap kepada pengurus BPMS baru, betul-betul berkiprah, memberikan kontribusi, bahkan mempu memobilisasi semua lembaga-lembaga pendidikan swasta yang ada di Kabupaten Garut, dengan membawa harapan sama baik dalam rangka meningkatkan kualifikasi pendidikan maupun sarana prasarananya.

Sedangkan menurut Ketua Yayasan Al-Musaddadiyah Garut, Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M.Eng., keberadaan dan perkembangan sekolah swasta patut dipikirkan, karena sudah memberikan kontribusinya bagi pembangunan.

"Mereka memiliki potensi yang sangat baik, dan pengangkatan guru ASN PPPK oleh pemerintah, bagus dengan merekrut guru-guru terbaik dari swasta, tapi itu jadi masalah bagi sekolah swasta karena kehilangan. Itu patut dipikirkan," tandasnya.

Ketua Pelaksana, Acep Sundjana Djakaria, SE., MM., menuturkan dirinya bertugas dari mulai Ketua tim formatur hingga pelaksanaan kegiatan pelantikan pengurus, bahkan dirinya dipinta untuk aktif berpartisipasi dalam mengembangkan BMPS Garut, walaupun ia masih punya tugas sebagai Ketua umum FKK SMKS Jabar.

Ia mengaku, menyampaikan, laporan ketua panitia pada tanggal 27 Oktober 2024 dilaksanakan pemilihan pengurus BMPS Kabupaten yang periode 2024-2029. Setelah hasil formatur tersusun pengurus baru yang akan dilantik hari ini 1 Agustus 2024.

"Terima kasih kepada seluruh stakeholder yang telah terselenggara acara hari ini, terutama kepada Pengurus YPI HIKMAH yang telah menyediakan seluruh fasilitasnya untuk terlaksananya acara pelantikan Pengurus BMPS Kabupaten Garut," tandasnya.

Berikut Kepengurusan BMPS Kabupaten Garut periode 2024-2029

Pengurus Harian :
Ketua : H. Uus Kusnawan Sutarsa, S.Pd., MBA.
Wakil Ketua | : Bagus Bagja, S.Pd., MM.
Wakil Ketua II : H. Yana Riswana, S.Ag.,M.Pd.
Sekretaris : Ahmad Ma'sum Tajudin, S.Pd., M.Pd.
Wakil Sekretaris : Eva Sudiana, S.Pd.I., M.Pd.
Bendahara : Dra, Hj, Ninin Rahminiasih, MM.
Wakil Bendahara : Asep Rudi Gunawan, SE.

Bidang-Bidang :
I. Peningkatan Mutu Pendidikan dan Pengembangan SDM :
1. Acep Sundjana Djakaria, SE., MM.
2. Dra. Hj. Meinawati (Koordinator PAUD),
3. Lilit Hapipah, S.Pd., M.Pd. (Koordinator SD/MI)
4. Jumri, S.Pd., M.Pd. (Koordinator SMP/MTs)
5. Uloh Saepulloh, S.Ag. (Koordinator SMA/MA/SMK)

II. Kebijakan Perencanaan Regulasi Pendidikan, Advokasi dan Arbitrase
1. Hasan Toupan, S.Pd. M.Pd.
2. Silmun Fredy D, S.Pd.

III. Peningkatan Akses Masyarakat Terhadap Pendidikan, Kerjasama dan Humas
1. Fakhrudin Abas, S.Pd.
2. Ma'mun Mulyana, S.Pd.

IV. Penelitian, Pengembangan, Teknologi, Komunikasi dan Informasi Pendidikan
1. Dadat Jatnika, S.Pd.

V. Penguatan Kelembagaan, Penggalangan, Kemandirian, dan Pengendalian Dana
1. Yudi Jamaluddin Ramli, SP.
2. Rina Triarsih, S.Pd.
3..Yanyan Hermawan, S.Pd.I.
***Jajang Sukmana

Kabar Wiyata


Loading...