MICHINTA CGP 10, Siap Merubah Pendidikan Lebih Baik

MICHINTA CGP 10, Siap Merubah Pendidikan Lebih Baik
Editor: Jajang Teras Garut —6 jam 44 menit lalu

TERASJABAR.ID - MICHINTA pendidik merupakan akronim dari Motivator yang memberikan Inspirasi, Cerdas, Harmonis, Inovatif dan Tanggung jawab terhadap pengembangan diri sendiri dan orang lain.

Hal itu terungkap pada Lokakarya 7, Festival Panen Hasil Belajar Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 10 yang berlangsung di Lapangan Garuda Hitam SMKN 1 Garut pada Sabtu, 26 Oktober 2024.

Salah satu anggota MICHINTA, Neneng Cutiawati, S.Pd.SD, mengatakan, lokakarya bagi kelompoknya merupakan ajang untuk menunjukkan apa yang telah dilakukannya dan yang akan dilakukan pada masa yang akan datang, serta memperkuat kolaborasi dalam kerja kelompok.

"Selama pelatihan intensif kami harus memahami pendekatan pengajaran berpusat pada murid, memberikan pemahaman tentang pentingnya pendidikan karakter sesuai dengan nilai-nilai Pancasila," ungkapnya.

Pihaknya dituntut mengembangkan kemampuan guru dalam memimpin pembelajaran serta mengelola kelas dengan efektif, dan menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung keberagaman, termasuk memberikan pemahaman tentang pemanfaatan teknologi digital untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran.

"Kami diwajibkan menjalankan aksi nyata di sekolah, serta didorong untuk berinovasi dan mengembangkan praktik terbaik yang dapat diterapkan di lingkungan sekolah, khususnya," tambahnya.

Intinya, program ini bertujuan untuk menciptakan guru yang tidak hanya menjadi pendidik, tetapi juga pemimpin pendidikan di lingkungannya. Diharapkan lulusan CGP dapat menjadi inspirasi bagi rekan sejawat dan turut memajukan pendidikan di Indonesia. ***Jajang Sukmana

MICHINTA CGP 10


Loading...