Latdapramata Jadi Penutup MPLS SMKN 1 Garut Tahun Ajaran 2024-2025

Latdapramata Jadi Penutup MPLS SMKN 1 Garut Tahun Ajaran 2024-2025
Ka Nurdin Ruslih, S.T., M.Pd., mewakili Mabigus, menancapkan kapak diatas kitri sebagai tanda dibukanya Latdapramata.
Editor: Jajang Teras Garut —Jumat, 19 Juli 2024 13:17 WIB

TERASJABAR.ID - Sah, dengan berakhirnya MPLS, mulai Senin, 22 Juli 2024 murid baru kelas X tahun ajaran 2024-2025 mengenakan seragam dan atribut serta aturan yang ditetapkan oleh SMKN 1 Garut.

Hal itu terungkap pada pembukaan Latihan Dasar Pramuka Masa Tamu (Latdapramata) Ambalan Mohammad Hatta-Rahmi Hatta, Pangkalan SMKN 1 Garut yang berlangsung di Drome Lapangan Garuda Hitam SMKN 1 Garut di Jl. Cimanuk No. 309A, Kelurahan Pataruman, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat pada Jumat (19/7/2024).

Secara resmi, Latdapramata dibuka oleh Ka Nurdin Ruslih, S.T., M.Pd., mewakili Mabigus, dengan menancapkan kapak diatas kitri, setelah menempelkan tanda pelatihan secara simbolis.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dimulai sejak tanggal 15-19 Juli 2024, dan Latdapramata ini merupakan akhir dari kegiatan MPLS, akan tetapi jadi awal pelatihan kepramukaan untuk enam bulan ke depan (setiap hari Jumat), yang bisanya ditutup dengan perkemahan atau penjelajahan.

"Kegiatan ini rutin dilaksanakan, untuk melatih dalam kepramukaan, dan ini sangat penting karena di era kurikulum merdeka ataupun era kurikulum sebelumnya pendidikan kepramukaan itu selalu terintegrasi dengan kegiatan kurikulum," ungkap Ka Nurdin.

Ia menjelaskan, dalam kegiatan kepramukaan itu akan ditempa, dilatih, dididik dengan materi-materi yang sangat bermanfaat sekali untuk menyongsong masa depan, terutama dalam membangun karakter, membangun motivasi, dan kepercayaan diri.

"Mudah-mudahan selama tiga tahun ke depan, murid-murid kelas X SMKN 1 Garut ini terbangun disiplin dan karakter positif," tandasnya. ***Jajang Sukmana

Kabar Wiyata


Loading...