Satuan Pendidikan di Tarogong Kidul Berkomitmen Mewujudkan Sekolah Berkualitas

Satuan Pendidikan di Tarogong Kidul Berkomitmen Mewujudkan Sekolah Berkualitas
Editor: Jajang Teras Garut —Kamis, 18 Juli 2024 12:12 WIB

TERASJABAR.ID - Kali kedua, Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Tarogong Kidul melaksanakan Workshop Transformasi Pendidikan Untuk Mewujudkan Sekolah Berkualitas di Gedung PGRI Cabang, Jl. Pasir Kaliki, Kelurahan Pataruman, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat pada Kamis (18/7/2024).

Sebelumnya workshop untuk guru kelas 1 dan kelas 4, dari sebanyak 40 satuan pendidikan ini dilaksanakan pada hari Jumat, 12 Juli 2024 dengan tempat sama, dan tema yang diusungnya "Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Inovasi, Kolaborasi serta Berbagi Praktik Baik".

Secara resmi, Korwil, Ajat Sudrajat, S.Pd., M.Pd., membuka workshop bersama Korwas, Tintin Surtini, M.Pd., Pengawas SD, Elin Ruslina, S.Pd., M.Pd., Ketua PGRI Cabang, H. Enung Parhanudin, S.Pd., M.M., Ketua K2S, Yanti Sri Mulyanti Arni, M.Pd., dengan diikuti sebanyak 120 peserta terdiri dari 40 kepala sekolah, dan 80 guru.

Workshop ini bertujuan agar guru kelas 1, serta guru kelas 4 memahami dengan regulasi diwajibkannya menerapkan kurikulum merdeka. Dan bagi satuan pendidikan yang belum, harus move on, serta terus menerus mengikuti juga mempelajari kurikulum merdeka.

Korwil Ajat berharap, semua satuan pendidikan dilingkungannya dapat melaksanakan kurikulum merdeka, dan bagi guru yang menjadi perwakilan di workshop ini, segala informasi dan ilmu yang didapatkannya disampaikan kembali kepada teman-teman selevelnya. Selain itu, selesai workshop ini akan ditindaklanjuti di gugus selama lima hari.

Adapun yang menjadi narasumber diantaranya, korwil, para pengawas dengan membahas lima esensi yaitu transisi PAUD-SD dan MPLS, Pendidikan Inklusif, Karakter dan Penanganan serta Pencegahan Kekerasan di Satuan Pendidikan (PPKSP), Perencanaan Berbasis Data, dan Pengelolaan Kinerja Guru serta Kepala Sekolah.

Terpisah, Ketua PGRI Cabang, H. Enung Parhanudin, S.Pd., M.M., mengatakan, dengan adanya workshop ini diharapkan kualitas pendidikan lebih meningkatkan, lebih berkualitas, dan menjadi guru yang betul-betul profesional, juga siap pakai.

"Mudah-mudahan semua guru punya inovasi dan mampu berkolaborasi dalam hal peningkatan kualitas pendidikan, khususnya di lingkungan Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Tarogong Kidul," tandasnya.

Sementara Ketua K2S, Yanti Sri Mulyanti Arni, M.Pd., mengatakan, dengan workshop transformasi pendidikan untuk mewujudkan sekolah berkualitas ini diharapkan guru mampu mengimplementasikan kurikulum merdeka, mengoptimalkan keberpihakan pendidikan kepada murid, menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, interaktif, inspiratif dan memotivasi, dengan pendekatan pembelajaran terdiferensiasi.

Sementara untuk kepala sekolah, lanjut Yanti, harus mampu menjadi pemimpin pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah yang dipimpinnya. ***Jajang Sukmana

Kabar Wiyata


Loading...