TMMD Reguler ke-120 TA. 2024 Kodim 0611/Garut Resmi Dibuka Pejabat Bupati

TMMD Reguler ke-120 TA. 2024 Kodim 0611/Garut Resmi Dibuka Pejabat Bupati
Pejabat Bupati Garut, Drs. H. Barnas Adjidin, M.M., M.M.Pd., Dandim 0611/Garut, Letkol Czi Dhanisworo, S.Sos., serta Danrem 062/Tn Kol. Arh Rudi Ragil, SP., S.Sos., M.Si.
Editor: Jajang Teras Garut —Rabu, 8 Mei 2024 18:58 WIB

TERASJABAR.ID - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Kodim 0611/Garut ke-120 Tahun Anggaran 2024 resmi dibuka Pejabat Bupati Garut, Drs. H. Barnas Adjidin, M.M., M.M.Pd., di Lapangan Buleud, Desa Cinta Damai, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat pada Rabu (8/5/2024).

Mengusung tema "Drama Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah", pembukaan dihadiri Danrem 062/Tn Kol. Arh Rudi Ragil, SP., S.Sos., M.Si., serta Dandim 0611/Garut, Letkol Czi Dhanisworo, S.Sos.

TMMD merupakan program kolaborasi antara TNI, pemerintah daerah, pemerintah desa, dan masyarakat secara terkoordinasi dan terintegrasi, yang sebelum-sebelumnya dikenal dengan sebutan ABRI Masuk Desa (AMD).

Pelaksanaan TMMD ke-120 tahun 2024 di Kabupaten Garut ini secara teknis dilaksanakan oleh Kodim 0611/Garut dalam rangka membangun jalan poros desa dengan panjang kurang lebih 4 kilometer menghubungkan dua desa di dua kecamatan yaitu Desa Cinta Damai Kecamatan Sukaresmi dengan Desa Pasirkiamis Kecamatan Pasirwangi.

Jalan poros desa ini tentunya sangat bermanfaat, karena akan mempercepat akses jalan sehingga memudahkan masyarakat dalam melaksanakan kegiatan dan aktivitas secara efektif dan efisien.

Selain pembangunan sarana fisik, program TMMD juga melaksanakan kegiatan non-fisik, seperti penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsaan, pelayanan kesehatan, peternakan dan perikanan, dan penyuluhan lainnya.

Pj Bupati Garut, berharap pelaksanaan TMMD ke-120 ini dapat berjalan melebihi ekspektasi. Untuk itu, ia mengajak TNI, Polri, dan masyarakat bahu membahu menyelesaikan program yang sudah direncanakan, dan pihaknya akan selalu mendukung penuh pelaksanaan TMMD di Kabupaten Garut.

"Mudah-mudahan cepat dengan kualitas baik, lalu kemudian nanti ada tambahan-tambahan lain yang bisa memperindah, memperkuat daripada apa yang kita lakukan," harapnya.

Menurutnya kegiatan ini adalah sesuatu yang harus di sinergikan, dengan harapan saatnya Kabupaten Garut terbaik dalam penyelenggaraan TMMD ke-120 TA 2024.

"Yang jelas ini semua atas dasar keinginan masyarakat. Kegiatan ini bisa dilaksanakan atas dasar proposal yang mereka sampaikan," pungkasnya.

Di tempat sama, Danrem 062/Tn Kol. Arh Rudi Ragil, SP., S.Sos., M.Si., menyampaikan, sasaran program TMMD ke-120 TA 2024 di Kabupaten Garut merupakan pengajuan dari desa kemudian direvisi dan diverifikasi apakah layak untuk dijadikan sasaran program TMMD.

Adapun sasaran fisik menyasar infastuktur jalan yang menghubungkan antar Desa Cintadamai dan Desa Pasirwangi. Sebelumnya mereka menempuh perjalanan 1 jam dengan dibangunnya jalan ini menghemat waktu menjadi 20 menit.

"Sasaran fisik tamban Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu), pengeboran sumur artesis. Sedangkan non-fisik menyasar penyuluhan pertanian, peternakan, wawasan kebangsaan, agama dan lainnya," tandasnya.

Dandim 0611/Garut, Letkol Czi Dhanisworo, S.Sos., mengatakan TMMD Reguler ke-120 TA. 2024 bertujuan untuk membantu masyarakat dan menumbuhkan sifat bekerjasama, gotong-royong serta menjaga kerukunan antar warga.

"TMMD ini merupakan operasi bakti yang dilaksanakan secara terpadu dan lintas sektoral bersama Kementrian, LPNK, Pemda serta komponen masyarakat sebagai upaya-upaya untuk mendukung percepatan," pungkasnya. ***Jajang Sukmana

Giat Kodim 0611/Garut


Loading...