Pulang Mudik Lebaran 2024, Berikut Beberapa Komponen Motor yang Harus Diperhatikan

Pulang Mudik Lebaran 2024, Berikut Beberapa Komponen Motor yang Harus Diperhatikan
Ilustrasi (Travel Kompas.com : Google)
Editor: Epenz Teras Techno —Sabtu, 20 April 2024 10:23 WIB

Terasjabar.id – Sebagian masyarakat memilih mudik Lebaran 2024 dengan sepeda motor karena dianggap biayanya lebih efisien. Setelah melakukan perjalanan jarak jauh, pemilik wajib memperhatikan enam komponen ini pada kendaraannya.

“Bagi pengendara yang melakukan perjalanan jauh saat liburan, sangatlah penting untuk memperhatikan kondisi sepeda motor sebelum kembali ke aktivitas sehari-hari,” Asst. General Manager CS Division, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg (YIMM), Frengky Rusli.

Untuk memastikan kinerja sepeda motor selalu optimal, berikut 6 komponen yang perlu diperiksa setelah perjalanan jauh seperti dibagikan oleh YIMM.

1. Oli Mesin dan Transmisi

Biasanya oli mesin perlu diganti setiap 3.000 km atau 3 bulan sesuai dengan buku petunjuk pemilik. Namun, frekuensi penggantian ini perlu disesuaikan dengan intensitas penggunaan kendaraan.

Pemilik motor dapat memeriksa kondisi oli mesin dengan dipstick. Jika volumenya berkurang atau terlihat kotor, segera lakukan penggantian dengan menggunakan oli yang direkomendasikan pabrikan.

Tidak hanya itu, para pengendara sepeda motor matic perlu memeriksa kondisi oli transmisi. Penggantian oli transmisi sebaiknya dilakukan setiap 12.000 km atau 12 bulan, atau sesuai dengan intensitas penggunaan motor. Oli transmisi berperan penting dalam melumasi gear transmisi agar tidak cepat aus dan lebih awet.

2. Kampas Rem

Setelah perjalanan jauh yang mungkin melalui kondisi jalanan macet atau tanjakan dan turunan, penting bagi pengendara untuk memeriksa ketebalan kampas rem depan dan belakang.

Apabila sudah aus, segera lakukan penggantian untuk memastikan sistem pengereman yang optimal. Adapun tanda-tanda bahwa kampas rem sudah aus biasanya dapat dirasakan oleh pengendara, seperti munculnya bunyi decitan ketika melakukan pengereman dan tarikan tuas rem terasa lebih dalam.

3. CVT

Pengendara sepeda motor matic perlu memperhatikan CVT (Continuously Variable Transmission). Pastikan setiap komponen CVT bersih dari kotoran dan tidak mengalami keausan.

Adapun indikasi komponen CVT yang kotor atau mengalami keausan adalah kesulitan mencapai kecepatan maksimal saat berkendara. Jika terjadi hal seperti ini, periksa komponen CVT termasuk roller, clutch carrier assy (kampas ganda), dan v-belt (ganti v-belt setiap 25.000 km).

Disadur dari Okezone.com

Mudik Kendaraan Motor Service Lebaran


Loading...