Berikut Beberapa Makanan Bantu Turunkan Kolesterol Jahat

Berikut Beberapa Makanan Bantu Turunkan Kolesterol Jahat
Ilustrasi (The Asian Parent : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 16 April 2024 11:05 WIB

Terasjabar.id -- ANCAMAN kolesterol tinggi pasca lebaran menghantui banyak orang. Mengingat, menu-menu masakan lebaran banyak mengandung lemak dan bisa berisiko menaikan kadar lemak dalam darah.

Ditambah, kebanyakan orang biasanya pola makannya jadi berantakan selama periode libur lebaran. Nah, bukan rahasia lagi jika tingginya kadar kolesterol jahat dalam darah bisa memicu beberapa komplikasi penyakit seperti serangan jantung, hingga stroke.

Well, ada beberapa cara untuk mengembalikan kadar kolesterol kembali normal. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat selerti buah-buahan dan sayuran

Penasaran, makanan apa saja yang bisa menurunkan kadar kolesterol dan cocok dikonsumsi pasca lebaran? Simak informasinya, dilansir Harvard Health Publishing, Selasa (16/4/2024)

1. Alpukat: Merupakan satu-satunya buah yang mengandung lemak tak jenuh tunggal, dengan 5 gram per sepertiga ukuran alpukat. Buah ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dalam darah, yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

2. Gandum: Gandum kaya akan serat yang dapat menurunkan kadar lemak darah. Anda bisa memgonsumsi 20 hingga 35 gram gandum sehari. Tambahkan pisang atau stroberi untuk menambah serat saat menyantap gandum.

3. Kacang-kacangan: Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa makan almond, kenari, kacang tanah, dan kacang-kacangan lainnya baik untuk jantung. Mengonsumsi 2 ons kacang-kacangan sehari dapat sedikit menurunkan LDL, sekitar 5 persen.

4. Minyak nabati: Menggunakan minyak nabati cair seperti canola, bunga matahari, safflower, dan lainnya sebagai pengganti mentega, lemak babi, atau mentega saat memasak jadi pilihan lebih sehat untuk membantu menurunkan LDL sehingga baik untuk jantung.

Disadur dari Okezone.com 

Kolesterol Tinggi Lebaran Pola Makan Lemak


Loading...