Timnas Indonesia U-23 Kalah Lawan Qatar U-23 Dengan Skor 0-2, Nasrullo Kabirov Banjir Hujatan

Timnas Indonesia U-23 Kalah Lawan Qatar U-23 Dengan Skor 0-2, Nasrullo Kabirov Banjir Hujatan
(tvOneNews.com : Google)
Editor: Epenz Sport Style —Selasa, 16 April 2024 09:41 WIB

Terasjabar.id - Tak butuh waktu lama bagi Nasrullo Kabirov untuk menjadi populer di mata penggemar sepak bola Indonesia. Tapi, bukan untuk alasan positif.

Faktanya, wasit asal Tajikistan itu menjadi target hujatan netizen tanah air menyusul kepemimpinan kontroversialnya dalam laga Piala Asia U-23 2024 antara Timnas U-23 Indonesia versus Qatar U-23.

Pada duel pembuka Grup A yang tersaji di Stadion Jassim bin Hamad, Senin (15/4/2024) malam itu, Garuda Muda kalah dari tuan rumah dengan skor 0-2.

Tapi, bukan itu penyebab kemarahan suporter Indonesia, melainkan sederet keputusan 'ajaib' dari sang pengadil.

Pertama, penalti buat Qatar U-23 di menit ke-45. 

Sentuhan Rizky Ridho terhadap salah satu pemain awalnya tak dianggap pelanggaran. Namun, setelah mengecek VAR, Nasrullo Kabirov tanpa ragu menunjuk titik putih.

Jika itu masih bisa diperdebatkan, ada lagi dua kartu kuning terhadap Ivar Jenner yang membuat gelandang Timnas U-23 Indonesia itu terusir dini dari lapangan pada awal babak kedua.

Dua pelanggaran yang dilakukan Ivar terkesan lembek, bahkan tanpa intensi atau kesengajaan. Namun, Nasrullo dengan cepat memberi kartu kuning untuk masing-masingnya.

Sedangkan, satu dorongan terhadap Marselino Ferdinan yang terjadi tepat di hadapannya sama sekali tak berbuah pelanggaran.

Paling aneh adalah tekel keras Saifeldeen Fadlalla kepada Witan Sulaeman di menit ke-56. Nasrullo Kabirov awalnya terlihat mencabut kartu merah, tapi entah bagaimana tiba-tiba berubah menjadi kartu kuning.

Penutupnya adalah kartu merah langsung terhadap Ramadhan Sananta, meskipun keputusan ini cukup layak.

Atas performanya yang kontroversial, akun Instagram Nasrullo Kabirov menjadi sasaran kebencian netizen Indonesia. Pengikutnya pun melonjak dalam hitungan menit setelah laga selesai.

Tak cuma penggemar, Ivar Jenner dan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, pun menumpahkan kekecewaan mereka lewat media sosial.

Menurut mereka, keputusan-keputusan Nasrullo Kabirov banyak menguntungkan tuan rumah Qatar.

Adapun Timnas U-23 Indonesia bakal kehilangan Ivar Jenner dan Ramadhan Sananta pada laga selanjutnya di Grup A Piala Asia U-23 2024, kontra Australia, Kamis (18/4/2024).

Pernah untungkan Timnas Indonesia 

Lantas siapa Nasrullo Kabirov? Dia adalah wasit berusia 38 tahun asal Tajikistan, pertama kali mendapat lisensi FIFA pada 2013.

Nasrullo Kabirov punya pengalaman panjang memimpin laga di turnamen-turnamen internasional, terutama di level Asia.

Dia pernah turun di Asian Games 2018 di Jakarta, SEA Games 2021 di Vietnam, Piala Asia U-17 2023 di Thailand, serta kualifikasi Piala Asia maupun Piala Dunia zona Asia.

Di level klub, Nasrullo kerap dipercaya mengawasi pertandingan Piala AFC, Kualifikasi Liga Champions Asia, selain rutin meniup peluit di kompetisi domestik Tajikistan.

Salah satu pertandingan yang dipimpin Nasrullo Kabirov dan meninggalkan kesan positif bagi penggemar sepak bola tanah air terjadi pada 8 Juni 2022.

Itu adalah duel perdana Kualfikasi Piala Asia 2023 antara Timnas Indonesia menghadapi Kuwait di Jaber Al-Ahmad International Stadium.

Meskipun Kuwait kala itu bertindak sebagai tuan rumah, tapi Nasrullo bersikap sangat tegas. Dia bahkan tak ragu memberi penalti buat Timnas Indonesia di tengah protes keras para pemain Kuwait.

Pasukan Garuda akhirnya menang 2-1, dan hasil ini turut menjadi bekal kelolosan mereka ke putaran final.

Namun, pengalaman tak enak tetap ada, terutama buat penggemar Bali United.

Ya, November tahun lalu, Nasrullo Kabirov memimpin laga fase grup Piala AFC 2023-2024 antara Bali United melawan wakil Australia, Central Coast Mariners (CCM).

Dia memberikan penalti kontroversial buat CCM, yang akhirnya membuat Serdadu Tridatu kalah 1-2 di kandang.

Usai laga, sumpah serapah suporter Bali United pun menghujani sang wasit.

Disadur dari Skor.id

Nasrullo Kabirov Timnas Indonesia U-23 Qatar U-23 Wasit Piala Asia U-23 2024


Loading...