7 Buah yang Bagus untuk Atasi Peradangan Pada Tubuh, Enak Semua kok !

7 Buah yang Bagus untuk Atasi Peradangan Pada Tubuh, Enak Semua kok !
Serambinews.com - Tribunnews.com
Editor: Malda Life Style —Jumat, 5 April 2024 09:36 WIB
Terasjabar.id - Buah bagus dikonsumsi sehari-hari. Beberapa di antaranya punya khasiat khusus untuk mengurangi inflamasi atau peradangan pada tubuh. Ini daftarnya.
Inflamasi adalah respon natural oleh sistem imun tubuh, tapi jika kondisinya sampai kronis, maka dapat menyebabkan masalah kesehatan serius. Seseorang berisiko alami penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan bahkan kanker.

Peradangan pada tubuh dapat dicegah dengan pola hidup sehat, mulai dari olahraga rutin, tidur cukup, dan manajemen stress. Tak ketinggalan mengonsumsi makanan sehat.

Makanan itu termasuk ragam buah yang secara khusus bermanfaat mengurangi peradangan pada tubuh. Mengutip Eat This, Not That! (1/4), ahli gizi Trista Best mengungkap buah dengan manfaat bagus untuk mengurangi peradangan pada tubuh, sekaligus meningkatkan kesehatan secara hmum.

Buah ini bisa dimakan langsung sebagai camilan sehat, dijadikan topping salad, hingga bahan campuran smoothies. Berikut 7 buah terbaik untuk kurangi peradangan pada tubuh:


1. Nanas
Nanas, buah tropis yang mudah ditemui di Indonesia. Nanas mengandung bromelain, enzim yang memiliki sifat antiinflamasi kuat. Konsumsinya bantu mengurangi pembengkakkan dan memar pada tubuh.

Nanas juga merupakan sumber vitamin C yang bermanfaat untuk menguatkan sistem imun tubuh. Best mengatakan, "Berkat kandungan enzim pencernaannya, makan nanas atau minum jusnya rutin bisa bantu kurangi inflamasi, khususnya pada kondisi seperti arthritis dan menyehatkan sistem pencernaan."

2. Alpukat


Di balik tekstur lembut dan rasa gurihnya yang enak, makan alpukat menghadirkan banyak manfaat sehat. Salah satunya mengurangi peradangan pada tubuh.

Menurut Best, ini karena alpukat kaya lemak tak jenuh tunggal dan antioksidan seperti vitamin E yang terbukti mengurangi peradangan dan mendukung kesehatan jantung. Rutin makan alpukat juga bagus untuk mengontrol kadar gula darah dan menciptakan rasa kenyang yang bikin puas.

3. Jeruk
Jeruk adalah sumber vitamin C yang bagus. Menurut sebuah penelitian tahun 2015, dengan mengasup 500 mg vitamin C dua kali sehari, dapat mengurangi inflamasi dan meningkatkan imunitas tubuh.

Best juga menambahkan kalau jeruk mengandung antioksidan kuat yang bantu mengurangi inflamasi dengan cara menetralkan radikal bebas di tubuh. Selain itu, flavonoid pada jeruk juga memiliki efek antiinflamasi yang menyehatkan jantung dan meningkatkan imunitas.

4. Pepaya

Buah untuk mengurangi peradangan tubuh ini murah dan mudah didapat di Indonesia. Pepaya mengandung enzim papain yang terbukti memiliki sifat antiinflamasi untuk meningkatkan kesehatan pencernaan, dalam studi pada binatang.

Best menyebut enzim papain mirip dengan bromelain yang ditemukan pada nanas. Dua buah tropis ini juga kaya vitamin C, betakaroten, dan antioksidan lain yang membuat konsumsinya bagus untuk melawan peradangan pada tubuh.

5. Apel
Kabar baik untuk pencinta apel karena buah favoritnya ini tinggi serat dan antioksidan. Konsumsinya bagus untuk mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Apel adalah sumber quercetin, flavonoid dengan senyawa antiinflamasi dan antioksidan. Dengan kandungan serat tinggi dan fitonutrien, makan apel berkhasiat mengurangi peradangan pada tubuh, mencegah penyakit jantung, dan mendukung fungsi paru-paru.

6. Semangka

Untuk mendapatkan manfaat antiinflamasi, konsumsi buah tak harus mahal. Semangka bisa jadi pilihan. Buah kaya air ini mengandung antioksidan ampuh bernama likopen. Fungsinya mengurangi peradangan, meningkatkan kesehatan otak, dan bantu melawan beberapa penyakit.

Penyakit itu merupakan penyakit kronis seperti jantung dan kanker, kata Best. Bonus lainnya, semangka rendah kalori sehingga tak akan mengganggu usaha diet.

7. Anggur
Anggur mengandung antioksidan bernama polifenol yang menunjukkan manfaat mengurangi peradangan tubuh dan risiko penyakit kronis. Best berujar, anggur khususnya yang merah dan ungu, mengandung resveratrol.

Resveratrol adalah senyawa antiinflamasi dan merupakan antioksidan. Makan anggur atau produk anggur seperti jus dan kismis, dapat mengurangi inflamasi, mencegah penyakit jantung, dan mendukung kesehatan otak.

Baca artikel detikfood, "7 Buah Terbaik untuk Kurangi Peradangan pada Tubuh" selengkapnya https://food.detik.com/info-sehat/d-7278684/7-buah-terbaik-untuk-kurangi-peradangan-pada-tubuh.

7 Buah yang Bagus untuk Atasi Peradangan Pada Tubuh Enak Semua kok !


Loading...