Kemenangan Timnas Indonesia atas Vietnam Tidak Pengaruhi Perpanjangan Kontrak Shin Tae-yong?

Kemenangan Timnas Indonesia atas Vietnam Tidak Pengaruhi Perpanjangan Kontrak Shin Tae-yong?
Kompas
Editor: Admin Sport Style —Kamis, 28 Maret 2024 11:17 WIB

Terasjabar.id-Kontrak Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia akan habis dalam hitungan bulan. Arsitek asal Korea Selatan itu bakal terbebas dari pekerjaannya mulai Juni 2024.

PSSI sudah mempersiapkan perpanjangan kerja sama hingga 2027 untuk Shin Tae-yong sebagai nakhoda Timnas Indonesia asalkan memenuhi dua syarat wajib.

Tuntutan pertama telah dipenuhi oleh Shin Tae-yong dengan membawa Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 Qatar meski disingkirkan Timnas Australia.

Target kedua, Shin Tae-yong perlu mengantar timnas U-23 melaju ke babak delapan besar Piala Asia U-23 2024 yang akan digelar di Qatar pada 15 April-3 Mei 2024.

Jawaban Shin Tae-yong

Di tengah-tengah tuntutan PSSI itu, Shin Tae-yong berhasil memimpin Timnas Indonesia mengalahkan Timnas Vietnam dua kali dengan agregat 4-0 dalam lanjutan Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Lantas, mungkinkah kemenangan atas Vietnam dapat mempengaruhi perpanjangan kontrak Shin Tae-yong di Timnas Indonesia?

"Untuk itu, belum ada keputusan sama sekali," tutur Shin Tae-yong.


Membahas Perpanjangan Kontrak

Pada Februari 2024, Shin Tae-yong telah membahas terkait peluang penambahan masa baktinya bersama Timnas Indonesia dengan Ketua PSSI, Erick Thohir. Bagaimana hasilnya?

"Saya sudah berbicara dengan Ketua PSSI, Erick Thohir tentang perpanjangan kontrak di Timnas Indonesia," imbuh Shin Tae-yong dinukil dari media Korea Selatan, Best Eleven.

"Kami membahas jika saya bersama Timnas Indonesia mencapai 16 besar Piala Asia 2023 atau dengan timnas U-23 ke delapan besar Piala Asia U-23 2024," jelas Shin Tae-yong.


Perlu Memutuskan

"Itu sudah cukup untuk memenuhi syarat perpanjangan. Sekarang, saya perlu memutuskan apakah akan melanjutkan atau tidak," kata arsitek berusia 53 tahun tersebut.

"Baik PSSI maupun saya dapat melakukan banyak diskusi dari posisi kami. Bagaimana pun, Ketua PSSI dan saya fokus secara profesional pada tugas kami," ungkap pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 ini.


Posisi Timnas Indonesia

Sementara itu, kemenangan atas Vietnam membuat Timnas Indonesia makin nyaman bercokol di peringkat kedua klasemen sementara Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan tujuh poin dari empat partai.

Tim berjulukan Skuad Garuda itu masih menyisakan dua laga di Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan menjamu Timnas Irak pada 6 Juni 2024 dan Timnas Filipina pada lima hari berselang.


Disadur dari bola.com

Indonesia Vietnam Piala Asia 2023 Live Streaming Shin Tae-yong


Loading...