Begini Efeknya Jika Setelah Makan Sahur Langsung Tidur

Begini Efeknya Jika Setelah Makan Sahur Langsung Tidur
Kompas Health
Editor: Malda Teras Health —Kamis, 28 Maret 2024 10:18 WIB

Terasjabar.id - Salah satu kebiasaan yang paling sering dilakukan selama bulan Ramadan adalah langsung tidur lagi setelah sahur. Waktu tidur yang kurang membuat rasa ngantuk sulit sekali ditahan.
Namun, banyak ahli yang tidak menganjurkan langsung tidur setelah makan sahur. Pengajar Prodi Kedokteran Keluarga FKUI dr Marinda Asiah Nuril Haya, MMed Sci, PhD, mengungkapkan kebiasaan langsung tidur setelah sahur bisa menyebabkan masalah kesehatan, salah satunya GERD.

"Kalau kita habis makan terus tidur, tidurnya kurang berkualitas. Terus berisiko baliknya makanan ke atas ke kerongkongan lagi. Nanti, jadinya bisa menyebabkan masalah kesehatan lain, salah satunya GERD," jelas dr Nuril saat dihubungi detikcom beberapa waktu lalu.

"Jadi, tidak disarankan untuk setelah sahur itu langsung tidur," sambungnya.

Jika ingin kembali tidur setelah sahur, dr Nuril menekankan adanya jeda beberapa waktu. Selain itu, disarankan untuk menempatkan posisi kepala yang lebih tinggi dari posisi badan saat berbaring.

"Biasanya kasih jeda dulu, sholat subuh, ibadah pagi, baru habis itu kalau masih ada waktu sebelum kerja bisa tidur lagi. Tidurnya dengan posisi kepala yang lebih tinggi," pungkasnya

Baca artikel detikHealth, "Jangan Buru-buru Tidur Selepas Sahur, Bisa Begini Dampaknya ke Tubuh" selengkapnya https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-7265451/jangan-buru-buru-tidur-selepas-sahur-bisa-begini-dampaknya-ke-tubuh.

Begini Efeknya Jika Setelah Makan Sahur Langsung Tidur


Loading...