Berikut Beberapa Cara Mengatasi Kulit Kering Saat Berpuasa

Berikut Beberapa Cara Mengatasi Kulit Kering Saat Berpuasa
Ilustrasi (Tribunnews.com : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Selasa, 26 Maret 2024 13:59 WIB

Terasjabar.id -- Kulit kering menjadi salah satu permasalahan beberapa orang yang tengah menjalani ibadah puasa. Melansir dari laman halodoc.com, kulit yang terasa kering saat bulan Ramadan umumnya dikarenakan karena tubuh kekurangan asupan cairan yang dapat menyebabkan kulit menjadi pecah-pecah dan kering.

Oleh karena itu, menjaga asupan air sebanyak 8-10 gelas setiap hari di waktu berbuka hingga sahur sangat dianjurkan untuk menjaga kelembaban kulit secara alami.

Akan tetapi, ternyata ada beberapa cara bagi kamu yang sedang menjalankan ibadah puasa untuk tetap merasa terhidrasi sekaligus menjaga kelembaban kulitmu meskipun tengah berpuasa di cuaca yang cukup panas.

Berikut 3 solusi mengatasi kulit kering saat menjalankan ibadah puasa ketika bulan Ramadan.

1. Mencuci Wajah

Mencuci wajah bisa menjadi salah satu cara untuk membuat kulit, khususnya di sekitar area wajah tetap lembab dan segar ketika berpuasa.

Melansir dari artikel berjudul “Dermatologists’ Top Tips for Relieving Dry Skin”, kulit kering bisa ditangani dengan rutin mencuci wajah dengan air.

Bisa pula ditambahkan beberapa jenis sabun yang tidak mengandung alkohol dan tidak berbusa secara berlebihan. Cara ini bisa kamu lakukan paling tidak 1-2 kali saat siang dan sore hari.

Saat mencuci wajah dengan sabun, usahakan kamu menggunakan sabun yang mengandung zat asam streasat dan linoleate.

Kedua jenis asam tersebut dapat membantu menutrisi kulit wajah dan membantu melembabkan kulit.

Namun, sebelumnya kamu juga perlu mengetahui jenis kulitmu karena tidak semua jenis kulit bisa mentoleransi paparan zat asam tersebut.

2. Menggunakan Pelembab Kulit

Menggunakan pelembab setelah mencuci wajah juga cukup dianjurkan untuk menanggulangi kulit kering saat berpuasa.

Melansir dari laman alodokter.com, kamu bisa menggunakan pelembab dengan adanya gliserol, urea, ceramide, asam lemak dan cocoa butter atau minyak kelapa alami.

Hal tersebut dikarenakan kandungan-kandungan tersebut bisa membantu menjaga kelembaban kulit dan menutrisi kulit. penggunaan pelembab tersebut bisa kamu lakukan beberapa kali sehari sesuai kebutuhan.

Selain itu, pastikan produk yang kamu gunakan tidak memiliki kandungan pewangi yang bisa berisiko menyebabkan jerawat.

3. Jangan Mandi Terlalu Lama

Mandi juga menjadi salah satu cara untuk menjaga kelembaban kulit saat berpuasa. Namun, kamu juga tidak disarankan untuk mandi terlalu lama.

Mandi terlalu lama, terutama dengan air hangat justru dapat membua kulit menjadi cepat kering. Hal ini dikarenakan dapat menghilangkan minyak alami pada kulit yang justru bisa menjaga kelembaban.

Nah, itulah beberapa cara menjaga kelembaban kulit saat berpuasa. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.



Disadur dari Yoursay.id 

Kulit Kering Puasa Ramadan Wajah


Loading...