Berikut Kronologi Kecelakaan G. Russell di GP Australia 2024

Berikut Kronologi Kecelakaan G. Russell di GP Australia 2024
Rekan setim Lewis Hamilton, George Russell alami kecelakaan menjelang finis di balap F1 2024 GP Australia (24/3). Foto: Instagram @f1
Editor: Epenz Sport Style —Selasa, 26 Maret 2024 13:50 WIB

Terasjabar.id -- Kecelakaan mengerikan dialami oleh pembalap Mercedes, George Russell, di GP Australia 2024 (24/03/24) kemarin. Tak tanggung-tanggung, kecelakaan ini membuat mobil yang dikendarai Russell terpental ke lintasan dan rusak parah.

Insiden ini bermula saat George Russell berada di belakang dan Fernando Alonso (Aston Martin), saat mereka memasuki tikungan 6, mobil Alonso tiba-tiba melambat yang menyebabkan Russell terkejut dan kehilangan kendali atas mobilnya.

Naas, mobil Russell langsung meluncur ke arah gravel dan menabrak dinding hingga ban depannya terlepas. Tak cukup disitu, mobil Mercedes ini juga sampai terpental dan terguling di tengah lintasan balap.

Dari rekaman kamera, Russell langsung bergegas mencari tombol radio dan menginformasikan kepada tim untuk mengibarkan bendera merah. Karena saat itu posisinya benar-benar di tengah lintasan dan balapan juga masih berlangsung.

Namun, hingga lap berakhir tidak ada instruksi bendera merah yang diberikan. Virtual Safety Car pun juga baru datang sekitar 10-15 detik kemudian.

"Saya baik-baik saja, tapi tu bukan tempat yang tepat. Berada di tengah-tengah tikungan berkecepatan tinggi dan VSC [virtual safety car] yang membutuhkan waktu 10-15 detik untuk keluar," ungkap Russell dikutip pada Selasa (26/03/2024).

"Kedengarannya tidak banyak tetapi Anda dapat memiliki tiga mobil yang datang di tikungan dalam 10 detik, saya benar-benar sangat khawatir," lanjutnya.

Beruntung, tim Lance Stroll segera pemberi tahu pembalapnya untuk berhati-hati saat memasuki tikungan 6, Stroll yang saat itu tepat berada di belakang Russell menangkap instruksi dari timnya dengan baik sehingga dapat mengindari kecelakaan beruntun.

Sementara itu, Russell dalam keadaan baik-baik saja dan beberapa saat kemudian dia keluar dari mobil untuk kembali ke paddock.

Melansir dari laman BBC, Fernando Alonso dihukum 20 detik karena mengemudikan mobilnya secara berbahaya di Grand Prix Australia, dengan ini Alonso yang semula finis di P6 mundur ke P8.

Juara dunia dua kali itu juga mengatakan kepada steward bahwa dia melakukan kesalahan dalam peristiwa yang membuat George Russell mengalami kecelakaan yang cukup parah.

Sementara itu, keputusan untuk tidak mengibarkan bendera merah terjadinya insiden diduga karena balapan yang segera usai karena saat itu merupakan lap terakhir.

Disadur dari Yoursay.id 

Kecelakaan Marcedes George Russell GP Australia 2024


Loading...