Benarkah Cabut Gigi Bagian Atas Bisa Sebabkan Kebutaan ?

Benarkah Cabut Gigi Bagian Atas Bisa Sebabkan Kebutaan ?
detikHealth - detikcom
Editor: Malda Teras Health —Minggu, 24 Maret 2024 13:49 WIB

Terasjabar.id - Mungkin banyak orang yang pernah mendengar soal rumor mencabut gigi bagian atas. Mitosnya, gigi bagian atas tidak boleh dicabut sembarangan.
Sebagian orang meyakini saat gigi atas dicabut dengan cara yang kurang tepat, otak bisa rusak atau bahkan menyebabkan kebutaan. Benarkah begitu?

Terkait ini, drg Alana Aluditasari, SpKGA, mengatakan tidak ada hubungannya antara gigi atas yang dicabut dengan kebutaan.

"Ini adalah mitos, ini tidak benar. Jadi, kalau gigi atas terpaksa dicabut itu boleh saja," jelas drg Alana, ditemui di sela media briefing di Jakarta Selatan, Senin (18/3/2024).

"Risiko buta hanya mitos, tidak ada yang seperti itu," sambungnya.

drg Alana menjelaskan saraf pada gigi memang menyebar hingga ke kepala. Tetapi, sebarannya luas dan tidak hanya berfokus di mata atau otak.

Ketika ada gigi atas dicabut, saraf yang terhubung ke mata tentunya tidak akan langsung terganggu.

"Gigi memang ada sarafnya, tapi dia bercabangnya banyak, jadi tidak hanya terhubung ke mata, ada banyak salurannya. Tidak usah percaya dengan kebutaan gara-gara cabut gigi," jelasnya.

Baca artikel detikHealth, "Cabut Gigi Bagian Atas Bisa Sebabkan Kebutaan, Mitos atau Fakta?" selengkapnya https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-7258744/cabut-gigi-bagian-atas-bisa-sebabkan-kebutaan-mitos-atau-fakta.

Benarkah Cabut Gigi Bagian Atas Bisa Sebabkan Kebutaan ?


Loading...