Berikut Cara Makan Kurma yang Benar ala Nabi

Berikut Cara Makan Kurma yang Benar ala Nabi
Ilustrasi (Hops.id : Google)
Editor: Epenz Life Style —Sabtu, 23 Maret 2024 09:51 WIB

Terasajabar.id -- TERUNGKAP cara makan kurma yang benar ala Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassalam. Ini bisa menjadi contoh yang baik bagi umat Islam untuk mengikuti sunnah cara makan Rasulullah.

Kurma merupakan salah satu buah yang memiliki keistimewaan dalam Islam. Bahkan, kurma disebutkan beberapa kali dalam ayat suci Alquran, seperti di Surat Al Ra'du Ayat 4 dan Surat Maryam Ayat 23–26.

Cara makan kurma yang benar ala Nabi. (Foto: Instagram @fikihmuamalatkontemporer)

Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa dalam Islam, kurma memiliki keistimewaan. Buah ini juga menjadi ikonik selama bulan Ramadhan.

Namun, bagaimanakah cara makan kurma dengan baik? Ternyata, ada langkah khusus yang dilakukan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassalam ketika makan kurma.

Dilansir unggahan viral akun Instagram @fikihmuamalatkontemporer, hal ini dijelaskan oleh Abdullah bin Bushr Radhiyallahu 'anhu mengatakan:

"Kami pernah berada di sisi Nabi, kemudian Nabi diberi kurma dan memakannya. Lalu Nabi Shallallahu alaihi wassalam mengeluarkan biji dan meletakkan di antara telunjuk dan jari tengah." 

Cara meletakkan biji kurma yang telah dimakan Nabi Shallallahu alaihi wassalam memiliki cara khusus dengan meletakkannya di bagian punggung antara telunjuk dan jari tengah. 

Sebagaimana dijelaskan selanjutnya, ketika ingin mengambil kurma kedua kalinya maka jari dan tangan yang digunakan tetap bersih.

Hal ini menunjukkan bahwa yang dilakukan Nabi bukan hanya masalah etika dalam makan, tetapi juga memerhatikan aspek kesehatan dan kebersihan.

Wallahu a'lam bisshawab

Disadur dari OKezone,com

Cara Makan Kurma Nabi Muhammad Umat Islam


Loading...