Berikut Beberapa Tips Agar Tubuh Gak Lemas Akibat Kurang Tidur saat Berpuasa

Berikut Beberapa Tips Agar Tubuh Gak Lemas Akibat Kurang Tidur saat Berpuasa
Ilustrasi (CNN Indonesia : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Jumat, 22 Maret 2024 10:25 WIB

Terasjabar.id - Di bulan Ramadan umat islam akan kekurangan tidur yang bisa membuat tubuh lemas di siang hari. Hal ini membuat sebagian orang merasa malas dan tidak termotivasi melakukan olahraga. Padahal Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, menyatakan minimal manusia membutuhkan 150 menit olahraga per minggu atau 30 menit per hari.

Menyadari hal ini, Fitness Trainer, Salsabila Avinandita mengakui umat islam kekurangan tidur karena harus bangun lebih awal untuk makan sahur, selanjutnya bagi pekerja harus langsung berangkat ke kantor.

"Jadi kalau Ramadan itu biasanya tidur malam bisa sampai jam 11 hingga 12. Nanti jam 3 bangun lagi untuk bangun dan makan sahur, lalu dilanjutkan persiapan bekerja atau khusus untuk para ibu juga harus mengurus anak-anaknya berangkat ke sekolah," ujar dr. Salsabila dalam acara Shopee Big Ramadan Sale 2024 di Kemang, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

Berikut ini tips agar tubuh tidak lemas karena kurang tidur di bulan Ramadan:

1. Batasi waktu tidur

Menurut Salsabila meski umat islam saat Ramadan lebih fokus beribadah seperti salat tarawih, mendengar ceramah, hingga membaca alquran sehingga tidur lebih malam. Namun kata dia, tetap harus ada waktu maksimal tidur yaitu minimal sudah harus tidur jam 11 malam.

"Menurutku harus ada sedikit nap, misalnya kita tidur jam 11 atau jam 10, maksimal tidur malam, jam 11 malem. Jadi jangan lebih dari itu kalau bulan puasa," ujar Salsabila.

2. Sediakan waktu tidur siang

Salsabila menyarankan untuk tidur sebentar sesaat setelah sahur, karena baru saja bangun jam 3 pagi untuk makan. Waktu tidur ini tidak perlu lama yaitu berkisar 15 hingga 30 menit.

"Tapi kalau nggak sempat harus berangkat ke kantor siangnya, kan ada waktu makan siang (karena puasa) kita tidur siang dulu sebentar. Misalnya ada waktu nap, karena nap (tidur sebentar) itu salah satu yang baik untuk mengistirahatkan badan kita," paparnya.

3. Lakukan olahraga ringan

Jika berpikir olahraga bisa membuat tubuh semakin lemas karena puasa, namun Salsabila membantah hal tersebut. Ini karena olahraga bisa memicu keluarnya hormon endorfin atau hormon kebahagiaan, sehingga tubuh lebih segar.

"Jadi olahraga disarankan itu setelah buka puasa, atau sebelum sahur, tapi kalau mau lebih baik lagi olahraga sebelum puasa puasa," jelas Salsabila.

4. Buka puasa dengan protein

Perempuan yang juga konten kreator itu menyarankan sebaiknya setelah berbuka puasa tidak langsung menyantap makanan manis. Menurutnya lebih baik buka puasa setelah minum air putih, selanjutnya bisa mengonsumsi protein.

"Saat buka puasa paling penting proteinnya, pertama proteinnya jangan yang ribet susu protein. Telur putih atau telur kuning juga bisa, baru yang manis-manis. Ini karena kalau kita yang manis dulu gula darah akan naik, nanti jadi ngantuk dan lemas jadi nggak terlalu bagus," pungkas Salsabila.



Disadur dari Okezone.com 

Ramadhan Kurang Tidur Puasa Bulan Penuh Berkah


Loading...