Berikut Tips Memilih Buah Naga Untuk Membuat Takjil

Berikut Tips Memilih Buah Naga Untuk Membuat Takjil
Ilustrasi (Kompas.com : Google)
Editor: Epenz Kuliner —Kamis, 21 Maret 2024 13:50 WIB

Terasjabar.id -- BUAH naga merupakan salah satu buah yang banyak banyak dijual dan belakangan digunakan untuk membuat takjil. Tidak hanya karena rasanya yang enak, tetapi buah naga juga memiliki tekstur yang ‘juicy’ dan segar.

Bukan cuma itu, buah yang dikenal kaya akan manfaat kesehatan ini juga menjadikannya sebagai menu pelengkap berbagai hidangan. Maka jangan heran, kalau banyak orang yang menyukai buah tersebut.

Meskipun begitu, tidak semua buah naga yang dijual dalam kondisi matang. Jika Anda salah pilih, Anda bisa mendapatkan buah naga yang masih belum matang dan belum siap untuk disantap. Dilansir dari akun X @bolehapanih, berikut tips memilih buah naga yang matang.

Perhatikan warna kulit

Pilihlah buah naga yang memiliki warna kulit yang cerah dan merata. Hindari buah naga yang memiliki noda hitam atau lekukan yang tidak biasa. Karena itu bisa menjadi suatu tanda buah naga yang dihasilkan tidak dalam keadaan segar.

Sentuh kulitnya

Sentuhlah buah naga dengan lembut untuk merasakan tekstur kulitnya. Buah naga yang matang seharusnya terasa sedikit lebih kenyal ketika ditekan dengan lembut. Hindari buah naga yang terlalu keras atau terlalu lunak.

Cium aromanya

Cobalah mencium aroma buah naga di dekat ujungnya. Buah naga yang matang biasanya memiliki aroma manis yang khas. Hindari buah naga yang tidak memiliki aroma atau tercium bau yang tidak sedap.

Perhatikan bagian ujungnya

Periksa bagian ujung buah naga. Buah naga yang matang cenderung memiliki ujung yang sedikit lunak. Namun, pastikan tidak ada tanda-tanda busuk atau kerusakan di bagian ini.

Pilih buah yang beratnya ideal

Pilihlah buah naga yang terasa berat untuk ukurannya. Berat yang lebih besar menunjukkan bahwa buah naga tersebut memiliki lebih banyak daging dan air, yang merupakan tanda kematangannya.

Varietas buah naga

Kenali jenis buah naga yang Anda inginkan. Ada dua jenis varietas utama buah naga yang perlu Anda ketahui yaitu buah naga merah dan buah naga putih. Keuda varietas ini memiliki karakteristik kematangan yang sedikit berbeda.

Salah satu netizen @bolehapanih pun menambahkan tips dari Eat Simple, ketika ingin memilih buah naga perlu memperhatikan jarak sisiknya. Karena jarak sisik buah naga dapat berpengaruh terhadap tingkat kemanisan yang dimilikinya.

“Perhatikan jarak sisik (buah) naganya, apabila rapat berarti buah dipanen saat belum tua di pohon (berarti masih akan ada rasa kecut atau sedikit asam saat dimakan). Pilih buah dengan sisik naga yang jaraknya cenderung jauh dan lebar dengan sisik lainnya. buahnya biasanya manis karena dipanen saat sudah tua di pohon,” ucap netizen @melanieppuchino.

Disadur dari Okezone.com 

Buah Manfaat Buah Naga


Loading...