7 Manfaat Mengonsumsi Kurma Bagi Kesehatan Tubuh,Nomor 5 Paling Banyak Disukai

7 Manfaat Mengonsumsi Kurma Bagi Kesehatan Tubuh,Nomor 5 Paling Banyak Disukai
ruangmom.com
Editor: Admin Kuliner —Kamis, 21 Maret 2024 09:54 WIB

Terasjabar - Berikut sejumlah manfaat mengonsumsi buah kurma bagi kesehatan tubuh.

Sejak ditemukan dari ribuan tahun yang lalu, kurma dipercaya dan terbukti memiliki banyak khasiat untuk tubuh kita. Menurut sejarah, kurma diketahui berasal dari apa yang sekarang sudah menjadi negara Irak.

Berkat perdagangan, perjalanan kurma sudah sampai ke Asia Tenggara, Spanyol, Afrika Utara, dan kemudian dibawa ke Meksiko dan California. Sampai sekarang, kurma telah menjadi salah satu bahan terpenting dalam masakan Timur Tengah.

Di seluruh dunia setidaknya ada 30 jenis kurma. Salah satu jenis kurma yang paling didambakan ditemukan di Jalur Gaza, karena produk kurma mereka dikenal sangat merah dan manis. Beberapa jenis populer lainnya adalah Zaghloul di Mesir.

Sukkary dari Arab Saudi adalah salah satu jenis kurma yang paling mahal. Kurma jenis ini memiliki kulit coklat gelap, daging lembut dan manis. Dan kemudian ada Khadrawy, jenis kurma yang lembut dan gelap yang juga cukup populer di kalangan orang Arab.

Selain itu, kurma juga mengandung kalsium, zat besi, fosfor, potasium, magnesium dan zinc menjadikan khasiat kurma sangat dikenal.

Dan berikut tujuh manfaat mengonsumsi kurma bagi kesehatan tubuh:

1. Memperkuat Tulang

Sejumlah besar mineral yang ditemukan pada kurma menjadikannya superfood untuk memperkuat tulang dan melawan penyakit seperti osteoporosis.

Buah kering ini mengandung selenium dan magnesium, yang semuanya merupakan bagian integral dari perkembangan dan kekuatan tulang yang sehat, terutama seiring bertambahnya usia, tulang perlahan melemah.

Jadi, makan kurma dan berikan kekuatan pada tulangmu.

2. Mengatasi Anemia

Kurma memiliki kandungan mineral yang tinggi, bermanfaat untuk berbagai kondisi kesehatan, namun tingkat zat besi yang sangat tinggi membuat kurma menjadi makanan yang sempurna untuk orang-orang yang menderita anemia.

Tingginya kadar zat besi pada kurma menyeimbangkan kekurangan zat besi yang melekat pada pasien anemia, meningkatkan energi dan kekuatan sambil mengurangi perasaan lelah dan lesu.

Kurma Khalas, Superfood (Istimewa via Bangkapos)© Disediakan oleh Tribunnews Wiki

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat Kurma juga dipercaya mampu menjaga kesehatan jantung. Rendam kurma semalaman dengan air, konsumsi di pagi hari. Larutan ini telah terbukti memiliki efek positif pada jantung yang lemah.

Kurma juga merupakan sumber potassium yang penelitiannya telah terbukti mengurangi risiko stroke dan penyakit terkait jantung lainnya.

Selanjutnya, kurma disarankan dikonsumsi sebagai cara yang sehat dan lezat untuk mengurangi kadar kolesterol jahat alias low-density lipoprotein (LDL) di tubuh, yang merupakan faktor utama serangan jantung dan stroke.

Karena itu, bila di minum dua kali seminggu larutannya, kurma bisa meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

4. Menyembuhkan Diare

Kurma mengandung potasium, yang dikenal sebagai cara paling efektif menyembuhkan diare. Kurma juga mudah dicerna, membuatnya dapat mudah membantu meringankan sifat tak menentu dari diare kronis.

Serat larut di dalamnya juga dapat membantu meringankan diare dengan meningkatkan fungsi sistem ekskresi yang normal dan sehat.

5. Mempercantik Kulit

Siapa sangka manfaat Kurma lainnya adalah menjaga kesehatan dari kulit. Vitamin C dan D yang terdapat di dalam kurma bekerja pada elastisitas kulit yang membuat kulit tetap halus.

Plus, jika menderita masalah kulit, mengonsumsi kurma dapat membantu kesehatan kulit dalam jangka panjang. Mengonsumsi kurma juga memiliki manfaat anti penuaan dan mencegah akumulasi melanin di kulitmu.

Es Susu Kurma (frisianflag.com via Tribun Jatim)© Disediakan oleh Tribunnews Wiki

6. Menstabilkan Gula Darah

Meski rasanya manis, ternyata buah kurma bukanlah penyebab penyakit gula. Sebaliknya, kurma mampu mengurangi risiko terkena diabetes lho karena kandungan di dalamnya mampu mengontrol kadar gula darah.

7. Mencegah Kanker Abdomen

Penelitian telah membuktikan bahwa salah satu khasiat kurma adalah mampu menjadi alternatif untuk mengurangi risiko dan dampak kanker abdomen.

Kurma berguna untuk semua kelompok usia, dan dalam beberapa kasus, obat ini bekerja lebih baik daripada obat tradisional. Karena alami, kurma tidak memiliki efek samping negatif pada tubuh manusia.

Kurma dapat dengan cepat dan mudah dicerna untuk dorongan energi yang cepat.

Meskipun kurma memiliki nilai gizi yang luar biasa, perhatian besar harus dilakukan dalam memilih kurma karena permukaannya sangat lengket, sehingga menarik banyak kotoran.

Karena itu, sebaiknya hanya mengonsumsi kurma yang diolah dan dikemas dengan benar. Pastikan juga untuk mencuci kurma sampai bersih sebelum dimakan, karena ini akan membantu menghilangkan kotoran yang ada di permukaan kulit kurma.

(Sumber : msn.com/Tribunnews Wiki)

Kurma Manfaat Kurma


Loading...