Berikut Profil Ade Paloh, Vokalis Band Sore yang Meninggal Dunia

Berikut Profil Ade Paloh, Vokalis Band Sore yang Meninggal Dunia
(DetikNews : Google)
Editor: Epenz Teras Seleb —Selasa, 19 Maret 2024 12:36 WIB

Terasjabar.id -- Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air. Firza Achmar Paloh atau yang lebih akrab disapa Ade Paloh, vokalis band Sore, meninggal meninggal dunia pada Selasa (19/3/2024).

Kabar duka pertama kali dibagikan pada publik oleh pengamat musik Adib Hidayat melalui unggahan Twitter @AdibHidayat.

"Berita duka Ade Paloh vokalis dan pencipta lagu dari @SOREband wafat pada Selasa 19 Maret 2024 karena sakit," tulis Adib Hidayat.

Profil Ade Paloh, Vokalis Band Sore yang Meninggal Dunia

"Kabar saya konfirmasi lewat @BembyGusti, drummer Sore. Duka cita mendalam untuk keluarga besar Sore dan Ade Paloh," lanjutnya.

Untuk lebih mengenal dan mengenang Ade Paloh lebih dekat, berikut ini profil Ade paloh dari band Sore.

Profil Ade Paloh

Ade Paloh membentuk band Sore bersama Mondo Gascaro dan Awan Garnida pada 2002 ketiganya adalah teman dekat sejak kecil. Saat itu, Awan Garnida juga mengajak Bemby Gusti dan Reza Dwiputranto untuk bergabung.

Ade Paloh sendiri menjadi vokalis sekaligus gitaris dalam band tersebut. Awan Garnida pada bass dan vokal, Reza Dwiputranto gitar dan vokal, Bemby Gusti drum, perkusi, dan vokal), serta Ramondo Gascaro piano, keyboard, gitar, dan vokal.

Jika dilihat dari formasi, band ini sangatlah menarik. Bukan hanya Ade Paloh saja yang menjadi vokalis tetapi juga semua anggota Sore turut ambil bagian sebagai vokalis.

Tidak hanya itu, band Sore juga memiliki keunikan lain dibanding band-band lainnya. Semua anggota band Sore bermain musik dengan kidal, termasuk Ade Paloh.

Sepanjang Ade Paloh berkarier menjadi anggota dari band Sore, telah ada beberapa album solo dan beberapa album kompilasi.

Album pertamanya bertajuk Centralismo rilis pada 2005. Album ini bercerita tentang Jakarta Pusat, tempat para anggotanya tumbuh. Album pertamanya ini dipuji oleh Majalah Time Asia sebagai "Salah Satu dari Lima Album Asia yang Layak Dibeli".

Sementara majalah Rolling Stone Indonesia menempatkannya pada peringkat ke-40 dalam "150 Album Indonesia Terbesar Sepanjang Masa".

Tidak hanya itu saja, karya-karya yang luar biasa mampu mengantarkan Sore meraih dua Penghargaan Duo/Grup/Kolaborasi/alternatif Terbaik dan Album Alternatif Terbaik dalam anugerah AMI Awards 2023 atau yang ke-26.

Di samping menjadi anggota band, Ade Paloh juga melebarkan kariernya ke dalam dunia politik. Pada Pemilu 2024, Ade Paloh maju mencalonkan diri sebagai caleg DPRD DKI Jakarta dari Partai NasDem untuk mewakili daerah Matraman, Pulogadung dan Cakung.

Disadur dari Okezone.com 

Kabar Duka Ade Paloh Meninggal Dunia Band Sore


Loading...