Bolehkah Jalan Kaki setelah Makan?

Bolehkah Jalan Kaki setelah Makan?
jatim.genpi.co
Editor: Admin Teras Health —Rabu, 6 Maret 2024 15:55 WIB

Terasjabar - Berjalan kaki secara rutin dapat menyehatkan tubuh dan menghindarkan dari penyakit. Namun, bolehkah jalan kaki setelah makan?

Ternyata, jalan kaki setelah makan sangat disarankan karena dapat memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan, seperti menyeimbangkan kadar gula darah, melancarkan pencernaan, dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Jalan kaki setelah makan tidak perlu dilakukan dalam waktu lama, karena hanya dengan 15 menit saja Anda bisa mendapatkan manfaatnya.

Untuk lebih jelasnya, ketahui manfaat jalan kaki setelah makan berikut ini.

Bolehkah jalan kaki setelah makan?

Olahraga jalan kaki dapat dilakukan kapan saja, termasuk setelah makan. Bahkan, jalan kaki setelah makan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

Disarikan dari Healthline dan GoodRx Health, berikut adalah beberapa manfaat jalan kaki setelah makan yang perlu diketahui.

  • Melancarkan sistem pencernaan

Gerakan tubuh saat berjalan kaki dapat mendukung proses pencernaan dengan memberikan stimulasi pada perut dan usus, sehingga makanan dapat lewat dengan lebih cepat.

Olahraga dengan intensitas rendah hingga sendang, seperti jalan kaki, juga sudah terbukti dapat menurunkan risiko tukak lambung, heartburn, sindrom iritasi usus besar, divertikulitis, sembelit, dan kanker usus.

  • Mengontrol kadar gula darah

Berolahraga setelah makan, termasuk dengan berjalan kaki, dapat mencegah terjadinya peningkatan kadar gula darah dan menurunkan penggunaan insulin atau obat untuk diabetes.

Pasalnya, jalan kaki melibatkan lebih banyak otot sehingga memerlukan lebih banyak energi dari makanan yang dikonsumsi dan membakar lebih banyak glukosa.

  • Menyehatkan jantung

Jalan kaki 10 menit setiap hari sudah terbukti dapat menurunkan tekanan darah tinggi pada laki-laki yang memiliki risiko hipertensi dan menurunkan trigliserida pada wanita.

Dengan berjalan kaki setelah makan, tekanan darah dan aliran darah akan lebih stabil sehingga risiko penyakit jantung akan berkurang.

  • Membakar kalori

Berjalan kaki secara rutin dapat membuat berat badan berkurang dan menjaganya agar tetap stabil.

Bahkan, beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa jalan kaki setelah makan dapat menurunkan berat badan secara lebih efektif jika dibarengi dengan pengaturan pola makan.

  • Menurunkan tekanan darah tinggi

Berjalan kaki selama 10 menit dan diulangi setiap tiga kali sehari sudah terbukti dapat menurunkan kadar gula darah.

Bahkan, berjalan kaki setelah makan sudah terbukti dapat menurunkan tekanan darah sistolik sebesar 13 persen.

Jadi, bolehkah jalan kaki setelah makan?

Ternyata, jenis olahraga ini justru disarankan untuk dilakukan setelah makan karena dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

Bahkan, Anda bisa mendapatkan manfaatnya dengan berjalan kaki selama 10-15 menit setelah makan.

jalan kaki setelah makan bolehkah


Loading...