7 Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur yang Bagus untuk Kesehatan

7 Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur yang Bagus untuk Kesehatan
sumsel.genpi.co
Editor: Admin Teras Health —Rabu, 6 Maret 2024 13:40 WIB

Punya rutinitas minum ekstra air putih sebelum tidur? Itu bagus, Bunda. Yuk simak manfaat minum air putih sebelum tidur.

Air putih merupakan salah satu minuman yang paling penting bagi tubuh. Air putih berperan penting dalam berbagai fungsi tubuh, seperti menjaga suhu tubuh, mengangkut nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh, dan membuang racun.

aAir membantu memulihkan cairan yang hilang melalui metabolisme, pernapasan, berkeringat, dan pembuangan limbah. Air juga membantu mencegah kepanasan, melumasi sendi dan jaringan, menjaga kesehatan kulit, dan diperlukan untuk pencernaan yang baik,airujar Katherine Brooking, RD, pakar nutrisi sekaligus salah satu pendiri Appetite for Health di San Francisco, mengutip Eating Well.

Meski banyak manfaat namun banyak orang yang tidak terbiasa minum air putih sebelum tidur. Apa Bunda salah satunya?Minum air putih sebelum tidur padahal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mari kita bahas mengenai manfaat minum air putih sebelum tidur.

Manfaat minum air putih sebelum tidur

Berikut manfaat minum air putih sebelum tidur.

1. Menjaga tubuh tetap terhidrasi

Tubuh manusia terdiri dari sekitar 60 persen air. Saat tidur, tubuh tidak akan menerima asupan cairan dari luar.

Untuk itu, penting untuk mencukupi asupan cairan tubuh sebelum tidur untuk mencegah dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti kelelahan, sakit kepala, dan konstipasi. 

Minum air putih sebelum tidur dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan mencegah berbagai masalah kesehatan tersebut.

2. Membantu pencernaan

Air putih berperan penting dalam proses pencernaan. Air membantu melembutkan feses sehingga lebih mudah dikeluarkan dari tubuh. Minum air putih sebelum tidur dapat membantu mencegah sembelit dan gangguan pencernaan lainnya.

Minum air putih, khususnya air panas atau hangat, juga menjadi salah satu cara alami untuk membantu detoksifikasi tubuh dan melancarkan pencernaan.

3. Membantu mengeluarkan racun dari tubuh

Air putih membantu mengeluarkan racun dari tubuh melalui proses urine. Minum air putih sebelum tidur dapat membantu tubuh mengeluarkan racun yang menumpuk selama seharian beraktivitas.

Bunda dianjurkan minum air hangat. Air hangat meningkatkan sirkulasi darah, membantu tubuh memecah limbah, dan meningkatkan keluaran keringat. 

Berkeringat tidak hanya menyebabkan Bunda kehilangan cairan sepanjang malam api juga menghilangkan kelebihan garam atau racun sekaligus membersihkan sel-sel kulit. Minum air hangat sebelum tidur akan membuat Bunda tetap terhidrasi sepanjang malam dan membuang racun yang tidak diinginkan.

4. Meningkatkan kualitas tidur

Air putih dapat membantu menenangkan pikiran dan tubuh sehingga lebih mudah untuk tidur. Bunda jadi bisa tidur lebih nyenyak.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Sleep menunjukkan bahwa orang yang minum air putih sebelum tidur memiliki kualitas tidur lebih baik daripada orang yang tidak meminumnya.

“Membiasakan minum air sebelum tidur dapat membantu orang memenuhi kuota cairan di menit-menit terakhir hari mereka. Bagi sebagian orang, minum air sebelum tidur dapat membantu mereka tidur lebih nyenyak dengan memungkinkan mereka memproduksi keringat, membuat mereka lebih sejuk dan nyaman,” papar Lauren Manaker M.S., RD, LD, ahli diet terdaftar dan pemilik Nutrition Now Counseling di Charleston, South Carolina.

5. Menurunkan risiko penyakit kronis

Minum air putih secara teratur dapat membantu menurunkan risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal The American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa orang yang minum air putih lebih banyak memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung.

6. Membantu menurunkan berat badan

Air putih dapat membantu meningkatkan metabolisme dan membakar kalori. Minum air putih sebelum tidur dapat membantu mengurangi asupan kalori saat makan malam.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Appetite menunjukkan bahwa orang yang minum air putih sebelum makan malam akan makan lebih sedikit daripada orang yang tidak meminumnya.

7. Membantu menurunkan kolesterol

Air putih dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition menunjukkan bahwa orang yang minum air putih lebih banyak memiliki kadar kolesterol jahat lebih rendah daripada orang yang tidak melakukannya.

Tips minum air putih sebelum tidur

Untuk mendapatkan manfaat minum air putih sebelum tidur secara maksimal, berikut beberapa tips yang dapat Bunda lakukan:

  • Minum air putih setidaknya 2 jam sebelum tidur. Hal ini bertujuan untuk mencegah Bunda terbangun di malam hari karena hendak buang air kecil.
  • Minum air putih hangat. Air hangat lebih mudah diserap oleh tubuh daripada air dingin.
  • Hindari minum air putih terlalu banyak sebelum tidur. Minum air putih terlalu banyak dapat menyebabkan buang air kecil di malam hari.

Jika Bunda memiliki kondisi medis tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

manfaat air putih tidur kesehatan


Loading...