Berikut Beberapa Makanan yang Efektif Cegah Flu dan Pilek di Musim Penghujan

Berikut Beberapa Makanan yang Efektif Cegah Flu dan Pilek di Musim Penghujan
Ilustrasi (Beautynesia : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Selasa, 5 Maret 2024 14:37 WIB

Terasjabar.id -- MUSIM hujan membawa dampak pada kesehatan, masyarakat lebih rentan terserang flu dan pilek. Untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat, sangat penting untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi.

Anda harus selektif memilih makanan yang tidak hanya lezat tetapi juga memberikan dukungan penting bagi sistem kekebalan tubuh. Tujuannya agar tubuh dapat menghadapi musim hujan dengan kondisi kesehatan yang optimal.

Merangkum dari Feedr, Selasa (5/3/2024) berikut 16 makanan super yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk mencegah pilek dan flu di musim penghujan.

1. Ikan

Jenis ikan yang mengandung minyak seperti salmon, tuna, mackerel, dan sarden mengandung omega-3 yang membantu menjaga kekebalan tubuh dan mengurangi risiko flu serta infeksi lainnya.

2. Bawang Putih

Bawang putih dikenal memiliki khasiat antioksidan yang kuat, dapat membantu mencegah masuk angin, dan mengurangi lamanya gejala pilek. Manfaat bawang putih juga membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kadar kolesterol.

3. Daging Tanpa Lemak

Daging sapi, domba, sapi muda, babi, dan ayam kaya akan zinc dan zat besi, yang merupakan mineral penting untuk sistem kekebalan tubuh yang kuat.

4. Ubi Jalar

Ubi jalar memiliki kandungan beta-karoten yang dapat diubah menjadi vitamin A untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi.

5. Adas

Selain memberikan aroma pada masakan, adas juga memiliki kandungan anti-inflamasi yang dapat meredakan batuk dan mengatasi dada tersumbat.

6. Buah Jeruk

Jeruk memberikan tambahan vitamin C yang penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta dapat mengatasi gejala pilek.

7. Jamur

Dengan mengonsumsi berbagai jenis jamur, seperti kancing, Portobello, tiram, atau shiitake, dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

8. Sayuran Berdaun Hijau

Bayam, kangkung, lobak adalah sayuran yang mengandung vitamin C untuk membantu sistem kekebalan tubuh.

9. Teh

Teh hitam, hijau, atau putih mengandung antioksidan untuk melawan flu, meningkatkan metabolisme, dan meredakan sakit tenggorokan.

10. Yogurt

Yogurt kaya akan bakteri baik yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, bahkan mengurangi lamanya gejala pilek.

11. Susu

Susu mengandung vitamin D yang membantu mencegah masuk angin dan menjaga kekebalan tubuh.

12. Bluberi

Bluberi, selain lezat, buah ini juga kaya akan nutrisi peningkat kekebalan tubuh yang membantu melawan infeksi dan menjaga kesehatan tubuh. Dengan mengonsumsi blueberry secara teratur, anda dapat mendukung sistem kekebalan tubuh anda.

13. Coklat Hitam

Mengonsumsi coklat hitam dengan porsi yang tepat dapat membantu melawan flu dan juga membantu sistem kekebalan tubuh.

14. Kacang Brasil

Kacang brazil sangat tinggi akan protein dan selenium yang merupakan sumber nutrisi penting untuk kesehatan sistem kekebalan tubuh, membantu melawan infeksi dan menjaga fungsi tubuh dalam kondisi yang baik.

15. Gandum

Mengonsumsi gandum yang memiliki kandungan beta-glukan yang tinggi, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan kolesterol.

16. Kunyit

Kunyit bermanfaat untuk menyembuhkan pilek dan batuk. Memiliki kandungan antioksidan dan sifat anti-inflamasi alaminya yang dapat membantu menurunkan sakit peradangan dan menjaga kesehatan serta kekebalan pada tubuh.

Disadur dari Okezone.com 

Musim Hujan Makanan Flu


Loading...