Profil PSBS Biak, Tim Papua Berusia 59 Tahun yang Berhasil Promosi ke Liga 1

Profil PSBS Biak, Tim Papua Berusia 59 Tahun yang Berhasil Promosi ke Liga 1
Jubi Papua
Editor: Admin Sport Style —Jumat, 1 Maret 2024 13:23 WIB

Terasjabar.id- Mengenal lebih jauh PSBS Biak, klub asal Papua yang telah memastikan diri promosi ke kasta teratas sepak bola Indonesia, Liga 1, pada musim 2024/2025.

PSBS Biak memastikan tiket promosi ke Liga 1 musim depan setelah berhasil menembus babak final Liga 2 2023/2024, Kamis (29/2) kemarin.

Tiket ke final Liga 2 itu didapatkan oleh tim berjuluk Badai Pasifik tersebut usai mengandaskan perlawanan wakil Sumatera, Persiraja Banda Aceh di leg kedua semifinal.

Di leg kedua semifinal yang berlangsung Stadion Cendrawasih, Biak Numfor, Papua itu, PSBS menghajar Persiraja dengan skor telak 4-0.

Empat gol yang dicetak PSBS ke gawang Persiraja itu berasal dari Brace dua penyerangnya, yakni Alexsandro Ferreira dan Beto Goncalves.

Kemenangan meyakinkan ini pun mengantarkan PSBS Biak ke final Liga 2 dan merebut tiket promosi ke Liga 1 musim depan.

Nantinya di final Liga 2, PSBS Biak sendiri akan bersua dengan Semen Padang yang di babak semifinal berhasil menyingkirkan Malut United.

Promosinya PSBS Biak pun akan membuat wakil Papua kembali berlaga di kasta teratas Indonesia. Lantas, seperti apa profil klub yang juga dijuluki Cenderawasih Kuning itu?

Debutan Liga 1

PSBS Biak merupakan klub asal tanah Papua yang terletak di Kabupaten Biak Numfor. Klub ini sendiri berdiri pada tahun 1964 atau saat ini telah berusia 59 tahun.

Kiprah PSBS Biak sebagai klub asal Papua ini tak tergolong apik ketimbang klub-klub lainnya yang berasal dari Bumi Cenderawasih di kancah sepak bola Indonesia.

Dibanding klub Papua lainnya, PSBS Biak tergolong klub tertinggal, karena baru bisa lolos ke kasta teratas pada musim 2023/2024 ini usai menembus final Liga 2.

Dalam perjalanannya, PSBS Biak tercatat pernah menjuarai Divisi Satu Liga Indonesia 2010 dan naik kasta ke Divisi Utama atau kini dikenal sebagai Liga 2 pada musim 2011/2012.

Terhitung sejak 2011/2012 itu, PSBS Biak lebih banyak berkutat di Liga 2, hingga akhirnya berhasil promosi untuk pertama kalinya ke Liga 1 pada musim 2023/2024 ini.

Keberhasilan menembus Liga 1 pun tak lepas dari sepak terjang PSBS Biak sebelum Liga 2 2023/2024 digelar. Badai Pasifik melakukan perombakan besar-besaran sebelum musim dimulai.

Perombakan pun dilakukan dari tingkat manajemen, kepelatihan, hingga para pemainnya, yakni dengan menggaet nama-nama besar di sepak bola Indonesia.

Sebagai contoh, PSBS Biak mempercayakan Hendri Susilo sebagai pelatih dan dibantu oleh legenda Timnas Indonesia asal Papua, Elie Aiboy.

Lalu untuk pemainnya, PSBS Biak merekrut para pemain yang pernah berseragam Persipura Jayapura seperti Beto Goncalves, Ruben Sanadi, Nelson Alom, hingga Vendry Mofu.


Bahkan, untuk manajer timnya saja, PSBS Biak juga merekrut mantan manajer Persipura yakni Yan Mandenas untuk Liga 2 2023/2024.

Disadur dari:Suara.com

PSPS Biak Papua Liga1


Loading...