Tips Mengerjakan Soal Ujian yang Bisa Ditiru Dari Reality Show 'University War'

Tips Mengerjakan Soal Ujian yang Bisa Ditiru Dari Reality Show 'University War'
KapanLagi.com
Editor: Malda Life Style —Selasa, 27 Februari 2024 10:41 WIB

Terasjabar.id - 'University War' termasuk salah satu program reality show garapan Coupang Pay yang lagi booming di media sosial. 

Lewat game ini penonton diajak melihat bagaimana 24 mahasiswa jenius dari universitas bergengsi yakni SNU, KAIST, Yonsei, KU, POSTECH dan Harvard. Mengadu kecerdasannya untuk menjadi pemenang dengan menghadapi berbagai tantangan di bidang aritmatika, daya ingat kuat, dan pola pikir out of the box. 

Selain sebagai hiburan, namun juga memberikan 4 tips mengerjakan soal ini bisa ditiru dari 'University War' buat persiapan UTBK 2024 mendatang seperti dilansir dari Instagram @belajarpintaryuks

1. Tenang dan Fokus

Mahasiswa SNU dari potongan University War (instagram/@hyxnbin_00)
Mahasiswa SNU dari potongan University War (Instagram/@hyxnbin_00)

Sepanjang acara ini kita dibuat takjub dengan kecerdasan para peserta ini pada setiap episodenya.

Mahasiswa ini dihadapkan dengan berbagai rintangan untuk dapat menyesaikan setiap pernyataan baik itu bentuk soal matematika, bermain catur, angka yang tersembunyi, mengingat bilangan, dan masih banyak lagi.

Namun, hal yang paling utama untuk dapat memenangkan pertandingan ini adalah dengan ketenangan dalam diri sendiri untuk tidak terburu-buru dan jangan panik menjawabnya, serta fokus melihat dan membaca soalnya agar tidak terjadinya kesalahan supaya dapat menyesaikannya dengan baik.

2. Terapkan Trik Hitung Cepat dan Tepat

Jung Hyun Bin dari potongan University War (instagram/@hyxnbin_00)
Jung Hyun Bin dari potongan University War (Instagram/@hyxnbin_00)

Dalam acara ini ditampilkan bagaimana cara peserta menggunakan trik cepat dalam pemikirannya supaya tidak membuang-buang waktu, untuk memecahkan soalnya dengan waktu yang singkat dan benar.

Seperti salah satunya bernama Jung Hyun Bin saat menghitung soal matematika penjumlahan di babak pemilihan kartu As, ia menjawab sangat cepat dan benar.

Dengan menggunakan trik menghitung ratusan digit, puluhan digit, dan satuan digit secara terpisah, setelah itu baru ditambahkan semuanya.

3. Kerjakan Soal Mudah

Mahasiswa KU dari potongan University War (instagram/@factorial_dafengep)
Mahasiswa KU dari potongan University War (Instagram/@factorial_dafengep)

Pada permainan ini diberikan rintangan berbeda-beda. Seperti misalnya dalam game menjawab 300 soal matematika harus benar semuanya. 

Mereka mengerjakan pertanyaan tersebut dengan teliti, berbagi tugas kepada setiap anggotanya, dan mengerjakan yang mudah terlebih dahulu. 

Dari hal ini kita belajar bahwa jangan sampai terkecoh dengan soal yang rumit, namun lebih baik mengerjakan dulu soal yang mudah agar tidak menyia-nyiakan waktu. 

4. Persiapkan Belajar dari Lama

So Hyun Ji dari potongan University War (instagram/@sohsoh._.happy)
So Hyun Ji dari potongan University War (Instagram/@sohsoh._.happy)

Menjadi seperti mereka dengan kepintaran yang luar biasa bukanlah hal yang mudah didapat. Namun butuh usaha yang gigih dan tidak pantang menyerah dalam menghadapi berbagai kesulitan. 

Misalnya saja harus sering belajar dengan membaca, mengingat rumus, mengerjakan soal, dan ikut kegiatan les.

Nah, itulah empat tips pembelajaran ini bisa ditiru dari 'University War' buat persiapan UTBK 2024 mendatang. Sederhananya acara ini menyadarkan kita akan pentingnya belajar untuk dapat menguasai berbagai bidang ilmu pengetahuan. Selamat mencoba dan semoga berhasil! 


(Sumber: Suara.com) 

Tips Mengerjakan Soal Ujian yang Bisa Ditiru Dari Reality Show 'University War'


Loading...