Tak Hanya Makanan Pedas, Ini Makanan yang Perlu Dihindari Penderita Ambeien

Tak Hanya Makanan Pedas, Ini Makanan yang Perlu Dihindari Penderita Ambeien
Hai Bunda
Editor: Malda Teras Health —Selasa, 27 Februari 2024 09:23 WIB

Terasjabar.id - Kamu pernah mengalami sensasi terbakar dan nyeri saat melakukan BAB? Jika iya, jangan diabaikan, bisa jadi itu adalah salah satu gejala dari ambeien. Ambeien sendiri merupakan sebuah kondisi dimana ada pembekakan pembuluh darah di sekitar saluran anus maupun luar anus. Umumnya ambeien ini ada yang berukuran sangat kecil. Namun, adapula yang berukuran sebesar kelereng dan bisa menyebabkan rasa perih saat BAB.

Ambeien sejatinya bisa disembuhkan dengan memakan makanan kaya serat. Melansir dari laman halodoc.com, penderita ambeien disarankan banyak mengonsumsi berbagai sayuran kaya serat, buah-buahan, kacang-kacangan atau makanan yang tinggi serat nabati. Selain itu, adapula beberapa makanan yang harus dihindari saat kamu menderita ambeien, Berikut 3 jenis makanan yang disarankan dihindari saat mengalami ambeien.

1. Makanan Dengan Kadar Pedas Tinggi

Salah satu makanan yang perlu dihindari saat kamu mengalami ambeien adalah makanan yang memiliki citarasa pedas yang cukup tinggi, atau dengan kandungan cabai yang besar. Melansir dari artikel berjudul “FOODS TO AVOID FOR HEMORRHOIDS: DOES DIET MATTER?” makanan yang mengandung cabai tinggi tentu kaya akan zat capcaisin yang membuat rasa pedas dan sensasi terbakar dalam perut.

Meskipun sejatinya tidak menyebabkan ambeien, akan tetapi mengonsumsi makanan pedas cukup rawan membuat feses mengandung sisa zat capcaisin tersebut yang rawan membuat rasa perih saat terkena luka atau tonjola ambeien. Hal inilah yang tentunya membuat dirimu menjadi kurang nyaman saat BAB ketika mengalami ambeien

2. Produk olahan Susu

Meskipun susu sejatinya tidak menyebabkan ambeien, akan tetapi kamu perlu mengurangi asupan nutrisi dari susu dan produk turunannya saat mengalami ambeien. Melansir dari artikel berjudul “5 Foods to Avoid If You Have Hemorrhoids (and 3 to Try Instead)”, susu berisiko membuat feses menjadi lebih keras dan menyebabkan susah untuk dikeluarkan saat ingin BAB. Selain itu, kandungan lemak dalam susu juga dapat menganggu sistem pencernaan yang dapat berisiko menyebabka iritasi pada luka ambeien. Namun, hal ini tidak berlaku bagi susu nabati semacam susu kedelai atau susu oat.

3. Makanan Dengan Kandungan Tepung Tinggi

Makanan dengan kandungan tepung tinggi cukup tidak direkomendasikan dikonsumsi oleh penderita ambeien. Hal ini dikarenakan kandungan tepung yang memiliki sedikit serat berisiko membuat feses menjadi keras dan susah dikeluarkan saat ingin BAB. Hal ini membuat perut harus melakukan kontraksi berlebih yang justru bisa menyebabkan rasa nyeri saat mengalami ambeien.

Nah, itulah beberapa makanan yang perlu dihindari saat mengalami ambeien. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.


(Sumber: Suara.com) 

Tak Hanya Makanan Pedas Ini Makanan yang Perlu Dihindari Penderita Ambeien


Loading...