Inilah 5 Penyebab Tubuh Lo Terasa Lelah Terus-menerus atau 'Fatigue'

Inilah 5 Penyebab Tubuh Lo Terasa Lelah Terus-menerus atau 'Fatigue'
mundomakeas.blogspot.com
Editor: Admin Life Style —Rabu, 21 Februari 2024 11:31 WIB

Terasjabar -  Pernahkah kalian merasa tubuh terasa lelah dan lesu sepanjang hari, padahal tidur malam udah cukup, pola makan pun udah teratur? 

Apa sih yang bikin badan kita merasa lelah terus? Kelelahan terus menerus yang sering disebut fatigue adalah kondisi tubuh yang terus merasa lesu, nggak bergairah dan nggak bertenaga sepanjang waktu.

Kondisi ini pastinya mengganggu aktivitas sehari-hari karena bikin lo harus mengumpulkan tenaga untuk bisa bergerak.

Penyebab fatigue bisa bermacam-macam. Nah untuk mengatasinya, pertama-tama lo harus tahu dulu penyebab utama kelelahan terus-menerus yang lo alami.

Melansir Medical News Today, ketika tubuh dalam kondisi kelelahan yang kronis, otak pun akan berkurang fokusnya. Hal inilah yang bisa menyebabkan kefatalan dan merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Simak nih lima penyebab fatigue atau kelelahan yang terjadi kronis secara terus-menerus.

1. Kurang tidur

Terkadang, meski lo sudah merasa cukup tidur, ternyata tubuh lo nggak sinkron dengan jumlah jam tidur yang lo terapkan.

Rata-rata, orang dewasa usia produktif membutuhkan waktu tidur minimal 7 jam dalam semalam. Dengan waktu tidur minimal 7 jam, barulah fungsi tubuh bisa terjaga dengan baik sehingga di pagi hari lo bisa bangun dalam kondisi tubuh dan otak yang segar dan bugar.

Ketika lo mengalami gangguan tidur, cobalah mengatur jadwal tidur dengan rutin setiap malam. Kurangi pula konsumsi kafein di waktu sore dan hindari melakukan tidur siang.

Agar lelap bisa lo dapatkan, hindari pula alkohol dan nikotin menjelang waktu tidur. Baik alkohol maupun nikotin, bisa membuat lo sering terjaga atau terbangun tiba-tiba di tengah malam.

2. Kekurangan nutrisi

Kelelahan kronis juga bisa dipicu oleh pola makan yang kurang pas. Ketika lo kekurangan salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh, maka fungsi tubuh nggak akan bekerja dengan normal. 

Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi, aturlah menu yang mengandung cukup kalori, memperbanyak buah dan sayur yang kaya akan serat, juga mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, juga zat gula dalam takaran cukup.

Selain itu, rutinlah makan pagi, makan siang dan makan malam, serta perbanyak minum. Sebab, dehidrasi juga bisa menyebabkan kelelahan kronis.

3. Malas bergerak

Ketika lo bergaya hidup sedentari alias malas bergerak dan suka bermalas-malasan, tubuh akan terbiasa berada dalam kondisi diam.

Nah, ketika lo memaksakan diri untuk berdiri dan bergerak, akan ada sensasi kelelahan yang mendera tubuh.

Menurut studi yang dilakukan University of Georgia di Amerika Serikat, berolahraga atau beraktivitas selama 20 menit saja bisa digunakan untuk mendongkrak energi.

Untuk melatih otot dan persendian, usia produktif hendaknya berolahraga ringan minimal 150 menit setiap minggunya. 

Dengan olahraga rutin dan menjauhi gaya hidup sedentari, otot bisa menguat dan energi tubuh bisa meningkat setiap hari.

4. Stres

Stres yang nggak diurai dalam waktu lama bisa menyebabkan kelelahan mental dan kelelahan fisik. Alhasil, tubuh bisa terdampak berbagai penyakit.

Saat dalam kondisi stres, tubuh akan terus mengeluarkan hormon stres yang selalu siaga untuk ‘berperang’. Nah jika keluar terlalu banyak, hormon ini bisa mengganggu kestabilan fungsi tubuh, lho.

Jadi cari penyebab stres yang ada dan cari solusi agar lo bisa segera mengurainya. Jika stres menyebabkan sakit kepala dan kelelahan kronis, mungkin sudah saatnya lo mencari pertolongan ke ahli yang terkait.

5. Mengidap penyakit

Ketika lo sudah mengatur waktu tidur dengan baik, menjaga menu makan, rutin berolahraga dan mengurai stres tetapi masih merasa kelelahan, bisa jadi lo mengidap gangguan kesehatan tertentu.

Beberapa gangguan kesehatan yang bisa menyebabkan fatigue adalah anemia, gangguan tiroid, anxiety, diabetes, depresi, penyakit jantung, asam lambung, juga kekurangan vitamin.

So, biar lo bisa mengetahui pasti gangguan penyakit apa yang menyebabkan fatigue, segeralah memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat, sob. (*)

hai.grid.id

badan pegel cakep cukup tidur


Loading...