6 Tanaman Hias yang bisa Kmau Diletakkan di Kamar Tidur

6 Tanaman Hias yang bisa Kmau Diletakkan di Kamar Tidur
idntimes.com
Editor: Admin Life Style —Rabu, 21 Februari 2024 08:31 WIB

Memasukkan tanaman hias ke dalam kamar tidur semakin banyak dilakukan orang-orang.

Hal ini karena tanaman hias dapat memberikan kesegaran di kamar tidur, meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan, serta membantu mendorong relaksasi dan tidur. 

Monique C. Valerie, salah satu Direktur Desain Rumah untuk Good Housekeeping, mengatakan di kelilingi tanaman hijau segar dan motif bunga meningkatkan kesejahteraan fisik, emosional, dan mental.

Namun, tidak semua tanaman hias dapat diletakkan di dalam kamar tidur. Tanaman hias yang tidak membutuhkan banyak sinar matahari menjadi pilihan ideal untuk diletakkan di kamar tidur.

Dikutip dari Good Housekeeping, Selasa (20/2/2024), berikut beberapa rekomendasi tanaman hias yang cocok diletakkan di kamar tidur.

English ivy

Tanaman English ivy memiliki daun yang berbentuk menyerupai bintang dan agak bergerigi. Tanaman yang memiliki nama botani Hedera Helix ini termasuk tanaman yang mudah dirawat karena memerlukan intensitas cahaya matahari sedang.

Selain itu, kelembapan menjadi kunci utama menjaga daun tanaman English ivy tetap hijau.  Jika ingin menjadikan English ivy sebagai bagian dari dekorasi kamar, dapat meletakannya di meja menggunakan ukuran pot  lebih kecil dan media tanam tanah. 

Monstera

Selanjutnya, tanaman hias yang cocok diletakkan di kamar tidur adalah mostera. Tanaman hias ini sangat mudah dikenali karena keunikannya., yakni daun yang bolong atau berlubang. 

Tampilan ini memberikan kesan unik sekaligus dramatis. Lantaran bentuk tersebut, tanaman monstera sempat populer beberapa waktu lalu dan harganya bisa sangat mahal.

Sama dengan kebanyakan tanaman pada umumnya, kehadiran Monstera di sebuah ruangan dapat membantu menyaring udara kotor. 

Kunci pertumbuhan monstera adalah menjaga kelembapan dan intensitas cahaya matahari yang cukup. 

Lidah buaya

Lidah buaya adalah tanaman gurun yang memiliki sejumlah manfaat baik, dari meredakan luka bakar, dekorasi menarik, hingga membersihkan udara.

Lidah buaya menjadi pilihan tepat untuk pemula karena dapat bertahan tanpa perawatan dan mudah merawatnya.

Tanaman yang dapat hidup hampir di segala jenis lingkungan ini tidak memerlukan perawatan khusus selain penyiraman yang dilakukan dua hingga tiga kali dalam seminggu. 

Sirih gading

Tanaman hias yang cocok diletakkan di kamar tidur lainnya adalah sirih gading atau pothos. Tanaman hias ini banyak dijadikan opsi untuk menghias ruangan.

Pola tumbuh yang cenderung menjalar membuat tanaman yang memilik nama botani Epipenum aureum ini meberikan kesan teduh.

Perawatan tanaman sirih gading juga terbilang cukup mudah serta tidak membutuhkan media tanam khusus, bahkan tanpa tanah.

Anda dapat mengganti media tanah dengan air yang diletakkan dalam wadah dengan menggenangkan sedikit bagian akar tanaman sirih gading. 

Dracaena

Dracaena juga menjadi tanaman hias yang cocok diletakkan di kamar tidur. Dracaena adalah  nama sebuah genus tumbuhan yang memiliki ciri khas bentuk tulang daun yang panjang dan melengkung.

Daun-daun tersebut dapat berwarna hijau, merah, bahkan ungu, tergantung jenis spesies dan varietasnya.

Warna daun dan bentuk dracaena inilah yang memberikan kesan estetika dan menjadikan banyak digunakan untuk dekorasi, baik di dalam maupun luar ruangan.

Selain indah, dracaena memiliki manfaat mengurangi kandungan polutan dalam udara, seperti benzene, formaldehida, dan xylene.

Ada beberapa jenis dracaena yang kerap dijadikan dekorasi di dalam ruangan, misalnya dracaena draco, dragon tree, dan lucky bamboo atau bambu keberuntungan.  

Philodendron heartleaf

Terakhir, tanaman hias yang cocok diletakkan di kamar tidur adalah philodendron heartleaf. Daunnya yang berbentuk hati atau bulat dengan ujung runcing memberikan tanaman ini mendapat nama “heartleaf” atau “daun berbentuk hati”.

Secara umum, warna daun ini didominasi hijau muda atau hijau tua. Namun, pada beberapa varietas, warna putih gading atau cream berpadu dengan  hijau yang meningkatkan estetika tanaman philodendron heartleaf. 

Philodendron heartleaf dikategorikan sebagai tanaman polifili atau tanaman yang memiliki banyak daun dalam satu tangkai sehingga menghadirkan kesan subur.

Sebagai tanaman hias, philodendron heartleaf memiliki ketahanan yang tinggi, mampu hidup dalam keadaan kering, serta tidak membutuhkan intensitas cahaya yang terlalu tinggi.

Kelebihan yang dimiliki philodendron heartleaf bukan hanya memberikan manfaat estetika pada pemiliknya, tapi juga dapat menciptakan nilai jual jika merawat tanaman dengan baik.  

tanaman hias indoor


Loading...