Warga Bandung Berjuang Antre Berjam-jam demi Beras Murah

Warga Bandung Berjuang Antre Berjam-jam demi Beras Murah
Foto Antrean : Detik : Google
Editor: Admin Teras Bandung —Selasa, 20 Februari 2024 13:51 WIB

Terasjabar.Id - Sebagai langkah untuk menekan harga beras yang terus naik di Kota Bandung, Jawa Barat, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menggelar operasi pasar beras dan pasar murah di 30 kecamatan, mulai 19 Februari-1 Maret 2024. 

Dalam kegiatan ini,warga Bandung bisa mendapatkan beras kualitas medium Stabilisasi Pasokan Harga Pangan (SPHP) dengan harga Rp 10.600 per kilogram atau Rp 53.000 per satu kantong beras berisi 5 kilogram. Tingginya antusiasme warga untuk mendapatlan beras murah membuat antrean membludak seperti yang terjadi hari ini, Selasa (20/2/2024), di  Kantor Kecamatan Kiaracondong, Kota Bandung. 

"Saya antre sampai satu jam. Ini pembelian yang tahap dua. Yang pertama tadi anak saya sampai tiga jam antrenya," kata Nurhayati (52), warga Kiaracondong, Kota Bandung, saat ditemui seusai  mengantre, Selasa siang. 

Nurhayati mengaku rela mengantre karena saat ini harga beras yang biasa dia konsumsi sangat mahal terutama untuk kelas medium.

"Di warung sekarang sudah Rp 16.000 sampai Rp 17.000 per kilogram. Kalau beli yang Rp 15.000 kualitasnya jelek, kurang layak," ujarnya. 

Namun, karena tingginya antusiasme warga untuk membeli beras, tidak semua warga kebagian.

Stok beras 20 ton untuk warga di Kecamatan Kiaracondong yang pembeliannya dibuka sejak pukul 07.00 WIB pun ludes pada pukul 12.00 WIB. 

"Iya, saya datang kesiangan. Lihat antrean sudah panjang, katanya juga sudah habis, " kata Dede (63). 

Dede berharap penjualan beras murah bisa kembali digelar agar pembelian bisa merata. 

"Kalau ada lagi lebih baik dibagi per wilayah saja, biar nggak menumpuk, " tandasnya. 

Di tempat yang sama, Kabid Distribusi Perdagangan dan Pengawasan Kemetrologian Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung, Meiwan Kartiwa mengatakan, antrean warga di Kecamatan Kiaracondong yang akan membeli beras murah, sudah terjadi sejak pukul 06.00 WIB. 

"Warga sudah antre sejak pukul 06.00 WIB. Ini penjualan 10 ton kedua. 10 ton pertama sudah habis, " ungkapnya. 

Untuk pembelian beras seharga Rp 53.000 per satu kantong isi 5 kilogram, hanya boleh dibeli satu kantong saja per KTP agar bisa dinikmati lebih banyak masyarakat. 

Disdagin dan Bulog, lanjut Meiwan, menyediakan 10 ton beras untuk satu kecamatan.

Namun, khusus untuk beberapa kecamatan padat penduduk seperti Kiaracondong, Babakan Ciparay, dan Antapani, kuota penjualan beras dinaikkan menjadi 20 ton. 

"Masing-masing kecamatan 10 ton. Kemarin kita distribusikan untuk tiga kecamatan yaitu Buahbatu, Bandung Wetan, dan Cibiru. Untuk. hari ini di Kiaracondong, Cibeunying Kaler, dan Astana Anyar," jelasnya.

Meiwan mengatakan, setelah melihat antusiasme masyarakat dalam operasi pasar penjualan beras murah, pihaknya akan mengevaluasi kembali pola pendistribusian agar antrean masyarakat tidak terlalu membludak.

"Setelah dua hari kita coba sistem antrean terbuka, kita lihat nanti hasil evaluasi apakah bisa di-drop ke kelurahan untuk mémecah antrean agar tidak ada lagi masyarakat berdesak desakan," ujarnya. 

Sumber : Kompas

warga bandung bandung beras murah antre berjam-jam


Loading...