Kue Apang Bugis khas Sulsel, Mendadak jadi Jajanan Populer di Asahan

Kue Apang Bugis khas Sulsel, Mendadak jadi Jajanan Populer di Asahan
Foto : cookpad : Google
Editor: Admin Kuliner —Selasa, 20 Februari 2024 10:26 WIB

Terasjabar.Id - Kue apang bugis merupakan salah satu jajanan lokal di Makassar atau beberapa daerah lainnya di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Kuliner berbahan baku tepung beras, tepung terigu dicampur santan serta gula ini memiliki cita rasa yang aduhai.

Lantas, apakah detikers di Sumatera Utara (Sumut) sudah pernah mencicipi makanan khas Sulsel tersebut? Jika belum, detikers di Sumut tak perlu jauh-jauh ke Sulsel untuk membeli kue apang bugis. Saat ini, kue tersebut telah tersedia di Jalan Sisingamangaraja Kisaran, Kabupaten Asahan.

Kue tersebut tengah menjadi jajanan populer di kalangan warga setempat. Di mana, kue yang dijual sejak pukul 14.00 WIB itu selalu habis sebelum hari menginjak gelap.

Amran, pria berasal dari Sulsel dan baru sebulan mencoba jualan apang bugis di Asahan itu saat ditemui detikSumut mengaku terkejut dengan antusias para pembeli. Dia menyebut makanan khas Sulsel itu ternyata disukai oleh masyarakat di Kisaran.

"Baru sebulan terakhir kita buka. Antusias pembeli selalu ramai dan ini jadi jajanan kesukaan banyak orang di sini," kata Amran kepada baru-baru ini.

Apang yang oleh masyarakat di Sumut menyebutnya sebagai apem itu sendiri merupakan kue tradisional berbahan baku tepung beras, tepung terigu serta dicampurkan santan dan gula merah. Untuk memasaknya, dilakukan dengan cara dikukus setelah ditempatkan di wadah cetakan plastik.

"Kalau yang kami jual itu bahan-bahannya kualitas terbaik. Mulai dari tepung, gula merah asli, sampai parutan kelapanya tidak sembarangan," kata Amran.

Menurutnya, dengan menggunakan bahan berkualitas premium menjadikan apang bugis buatannya bercita rasa lembut, gurih dan sedikit bersarang. Dengan itu, kue yang tak pernah ada sebelumnya di Asahan jadi digemari oleh masyarakat.

"Kalau yang kami jual ini ada rasa gula merah original sama pandan. Seporsinya Rp 20 ribu. Kalau satuan Rp 2.000," ujarnya.

Sejak buka, apang bugis di Asahan ini selalu diserbu pembeli. Sehari, Amran mengaku bisa menjual hingga 200 porsi di mana setiap porsinya berisikan 10 buah kue tersebut.

Salah seorang warga Kisaran Timur, Dwi Rosmalita menyukai jajanan khas bugis tersebut. Dia menyebut keunikan cita rasa pada kue tersebut ada pada tekstur kenyalnya namun empuk ketika di mulut.

"Kalau dari harga sudah pas lah. Kue ini berbeda dari kue-kue lain. Tersuturnya kenyal dan sedikit bersarang. Enak dimakan apalagi dicocol pakai kelapa parut," kata dia.








Sumber : Detik

kue apang bugis khas sulawesi selatan bugis jajanan jajanan populer asahan


Loading...