Al Mashduqi IIBS Garut Lepas Peserta English Immerson Program 2024 ke Malaysia

Al Mashduqi IIBS Garut Lepas Peserta English Immerson Program 2024 ke Malaysia
Editor: Jajang Teras Garut —Senin, 19 Februari 2024 22:58 WIB

TERASJABAR.ID - Al Mashduqi International Islamic Boarding School (IIBS) Garut pada hari Senin, 19 Februari 2024 melepas keberangkatan 35 Santri Murid peserta English Immerson Program ke Malaysia. Pelepasan tersebut secara resmi dilakukan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Garut, Drs. H. Nurdin Yana, MH. mewakili Pj Bupati Garut, Drs. H. Barnas Ajidin, M.M., M.M.Pd. di Auditorium Drs. H. Dede Satibi Al Mashduqi Islamic School Garut.

Hadir pada kesempatan yang sama, Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Drs. H. Nia Gania Karyana, M.Si., Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Ade Manadin, S.Pd., M.Pd., Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, H. Muhammad Yusuf, S.Sos. M.Pd. dan tamu undangan lainnya.

Kepala Departemen Pengembangan dan Pembinaan Bahasa International Al Mashduqi, Ms. Siti Hanipah, S.S. menyampaikan, English Immerson Program ini merupakan salah satu program unggulan di Al Mashduqi IIBS Garut sebagai ikhtiar dalam mewujudkan visinya yaitu, Habituasi Pendidikan Karakter Generasi Qur’ani Menuju Sekolah Unggul Berwawasan Global dan Kelestarian Lingkungan”. Adapun tujuannya, bukan saja memperkuat penguasaan Bahasa Inggris akan tetapi juga sebagai bagian dari pengenalan budaya negara lain secara langsung.

"Saat ini, dalam pelaksanaannya Al Mashduqi IIBS Garut bekerjasama dengan International Islamic School of Malaysia di Kualalumpur, Malaysia. Dimana selama 5 hari sebanyak 35 Santri Murid akan mengikuti berbagai kegiatan, mulai dari English Short Course and Practical, Introduction The Global Science and Culture, serta Islamic History Side From Islamic Country, sehingga dalam program ini setidaknya para peserta secara tidak langsung bukan hanya mengikuti penguatan kemampuan Bahasa Inggris, akan tetapi mengikuti juga pembelajaran IPA, IPS dan Pendidikan Agama Islam," pungkasnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Ade Manadin, S.Pd., M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan, sangat mengapresiasi program yang luar biasa dari Al Mashduqi IIBS Garut.

"Selama ini saya mengikuti dengan seksama bagaimana ikhtiar manajemen Al Mashduqi dengan konsisten terus melangkah memberikan layanan pendidikan yang berkualitas bagi seluruh santri muridnya, menghadirkan pelayanan pendidikan sepenuh hati, yang riang gembira, ramah anak, dan yang tidak kalah pentingnya disesuaikan dengan passion dan kebutuhan para peserta didiknya," ucapnya.

Diakhir sambutan Ade Manadin mengucapkan selamat kepada seluruh peserta program dan memberikan bekal kepada salah seorang santri murid Al Mashduqi IIBS Garut yang berasal dari Nusa Tenggara Barat.

Sementara itu, dalam sambutan pelepasan Sekretaris Daerah Kabupaten Garut, Drs. H. Nurdin Yana, MH. menyampaikan, English Immerson Program ini sangatlah penting bagi santri murid, karena kita semua hakikatnya merupakan warga masyarakat global dan Al Mashduqi IIBS Garut telah membekali santri murid dengan kuncinya yaitu berupa pembiasaan penggunaan bahasa asing diantaranya Bahasa Inggris.

"Melalui progam ini, bukan saja memperkuat keterampilan berbahsa inggris saja, akan tetapi juga memperkenalkan budaya bangsa lain kepada para santri murid dan juga sebaliknya," ungkapnya.

Ia berharap program ini memiliki kontribusi yang signifikan bagi seluruh santri murid khususnya yang berasal dari Kabupaten Garut dalam rangka mempersiapkan tantangan kehidupan yang akan mereka hadapi di masa yang akan datang.

Diakhir sambutannya Sekretaris Daerah Kabupaten Garut berpesan, menyampaikan agar seluruh santri murid menjaga nama baik diri, keluarga, lembaga dan tentunya negara selama mengikuti program ini.

"Saya sangat bangga, apalagi ada perwakilan santri murid juga yang akan menampilkan seni warisan budaya kita yaitu Seni Tari Jaipongan dan Pencak Silat di sana. Semoga Al Mashduqi IIBS Garut dapat menjadi inspirasi bagi lembaga pendidikan lainnya di Kabupaten Garut. Insya Allah pihak Al Mashduqi IIBS Garut akan welcome untuk memberikan inspirasi yang dapat ditiru oleh teman-teman penyelenggara pendidikan lain di wilayah Kabupaten Garut,” pungkasnya. ***Jajang Sukmana

Kabar Wiyata


Loading...