Revitaslisasi KKG di Gugus Merdeka Berkarya

Revitaslisasi KKG di Gugus Merdeka Berkarya
Editor: Jajang Teras Garut —Sabtu, 27 Januari 2024 11:03 WIB

GARUT, TERASJABAR.ID - Gugus Merdeka Berkarya mengaktivasi kembali kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) dengan acara grand opening KKG sekaligus bimtek dengan tema “Peningkatan Manajemen Kelas Untuk Menciptakan Pembelajaran yang Positif dan Efektif" berlangsung di Aula Syihabudin Persis Tarogong, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat pada Jumat (26/1/2024), dari pukul 13.00-16.30 WIB.

Dalam bimtek pembukaan ini terdapat dua sesi materi yaitu manajemen kelas serta Keterampilan Sosial Emosional (KSE), dan materi pertama disampaikan oleh fasilitator sekolah penggerak Dr. Achmad Mudrikah, M.Pd., sedangkan materi kedua disampaikan oleh pengawas bina Gugus Merdeka Berkarya, Elin Ruslina, S.Pd., M.Pd. 

Gugus Merdeka Berkarya, merupakan salah satu gugus di Wilayah Kecamatan Tarogong Kidul Kabupaten Garut. Seperti halnya gugus lain terus berinovasi mengembangkan kegiatan sekolah terutama yang berkaitan dengan profesionalisme guru.

Hal itu, sesuai amanat Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, pasal 20 ayat (b) yang mengamanatkan bahwa dalam rangka melaksanakan tugas keprofesionalannya, guru berkewajiban meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensi secara berkelanjutan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

KKG merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kemampuan diri dengan menciptakan dan mengembangkan metode pengajaran yang relevan. Untuk mewujudkan harapan itu, forum guru di bawah naungan gugus sekolah ini, perlu dikelola dengan baik, dikembangkan terus, dilaksanakan secara berkelanjutan, memperhatikan kalender pendidikan, memperhatikan kebutuhan dan permasalahan lapangan, serta keterpaduan antara komponen yang satu dengan komponen yang lain. 

Peningkatan mutu pendidikan menjadi fokus utamanya dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Profesi guru memegang peran krusial dalam mencapai tingkat profesionalisme yang optimal, karena mereka menjadi faktor penentu keberhasilan proses pembelajaran di ruang kelas.

Selain itu, guru juga bertanggung jawab secara signifikan dalam melaksanakan program pembelajaran di lingkungan sekolah. Guru memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan dasar pertama bagi perkembangan siswa dalam konteks pendidikan formal.

Oleh karena itu, keberadaan pengajar yang memiliki profesionalisme tinggi sangat diharapkan sebagai dukungan untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah. Pengembangan profesionalisme guru menjadi perhatian global, mengingat peran mereka tidak hanya sebatas dalam menyampaikan informasi ilmiah semata, melainkan juga melibatkan tanggung jawab dan kontribusi yang lebih luas.

Adapun profil Gugus Merdeka Berkarya membawa Visi "Mewujudkan Sekolah Yang Beriman, Bertaqwa dan Unggul Dalam Karya", dengan 4 Misi yaitu (1)..Mengoptimalkan pembinaan akhlak dan budi pekerti; (2) Mengoptimalkan pembinaan Pendidik dan tenaga kependidikan; (3). Menerapkan manajemen partisipatif dan inovatif dengan melibatkan seluruh pengurus/ anggota gugus; dan (4). Meningkatkan pelayanan dalam bidang Pendidikan.

Iyus Susanto, M.Pd., Ketua Gugus Merdeka Berkarya menyampaikan tujuannya yaitu (1). Mengoptimalkan peran gugus sebagai pusat kegiatan guru, sumber belajar dan sumber informasi; (2). Menyelesaikan masalah serta mencari solusi, sesuai dengan fungsi gugus sebagai bengkel kerja guru; (3). Meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap professional kepala sekolah dan guru-guru khususnya wilayah gugus; (4). Meningkatkan kualitas pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan; dan (5). Meningkatkan mutu hasil pendidikan, khususnya prestasi hasil belajar siswa baik prestasi akademik maupun non akademik.

"Sasarannya yaitu para kepala sekolah, guru kelas, guru mata pelajaran, dan tenaga kependidikan lainnya, serta siswa," pungkasnya.

Terdapat 13 sekolah di Gugus Merdeka Berkarya yakni SDN 1 Mekargalih, SDN 1 Tarogong, SDN 2 Mekargalih, SDN 2 Pataruman, SDN 2 Tarogong, SDN 3 Mekargalih, SDN 3 Sukagalih, SDN 4 Mekargalih, SDN 4 Sukagalih, SD Cokroaminoto, SD Kreospora, SDIT Persis Tarogong, dan SDIT Persis Tarogong 2.

Susunan Pengurus  Gugus Merdeka Berkarya

Penanggungjawab 

Pembina : Elin Ruslina, S.Pd., M.Pd.
Ketua : Iyus Susanto, M.Pd.
Wakil Ketua : Atis Sutisna, S.Pd.
Sekretaris : Wulan Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd.
Wakil Sekretaris : Winwin Nurhayati Tauziri, S.Pd.
Bendahara : Elin Agus Setiani, M.Pd.
Wakil Bendahara : Sadiah, S.Pd.
Anggota : Enung Parhanudin, S.Pd., M.M., Taya Rusmana, S.Pd., SD., Dian Mardiana, S.Pd., Adah Mustahidah, M.Pd.I., Imas Lina Marlina, S.Pd., Denis A Saputra, M.Pd., dan Yulia Susanti, S.Pd.

Pengurus KKG

Hasanudin, M.Pd. (Ketua), Aziz Hamzah, S.Pd.I. (Wakil Ketua), Susilawati, S.Pd. (Sekretaris), Noorlatifah, S.Pd. (Bendahara), dan Ilfah Syahbani, S.Pd. (Wakil Bendahara). ***Jajang Sukmana

Kabar Wiyata


Loading...