Berikut Tata Cara Sholat Bulan Rajab Lengkap

Berikut Tata Cara Sholat Bulan Rajab Lengkap
Ilustrasi (Detik.com : Google)
Editor: Epenz Life Style —Selasa, 23 Januari 2024 10:22 WIB

Terasjabar.id -- TATA cara sholat bulan Rajab lengkap dengan keutamaannya. Sebagian Muslim mengerjakan sholat ini pada beberapa malam Jumat pertama di bulan Rajab.

Sholat bulan Rajab tersebut dilaksanakan setelah Sholat Maghrib, dzikir, dan sholat sunnah bakda Maghrib. Tata cara pelaksanaannya adalah sebagai berikut: 

Sholat Malam Jumat Pertama Bulan Rajab

- Melaksanakan sholat sebanyak 12 rakaat (6 kali salam).


- Niatnya:

اُصَلِّي سُنَّةً رَجَبِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

- Bacaan surat tiap bakda Fatihah adalah Al Qadar 3 kali dan Al Ikhlas 12 kali.

- Setelah salam akhir membaca sholawat sebanyak 70 kali:

اللهم صَلِّ عَلَى مُحَمَّدِ النَّبِيِّ اْلأُمِّيِّ وَعَلَى ألِهِ وَسَلِّمْ

- Kemudian sujud sambil membaca tasbih sebanyak 70 kali:

سُبُّوْحٌ قُدُّوْسٌ رَبُّ الْمَلآئِكَةِ وَالرُّوْحِ

- Setelah itu, duduk sambil membaca istighfar sebanyak 70 kali:

رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَتَجَاوَزْ عَمَّا تَعْلَمْ فَاءِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيْزِالأَعْظَمْ

- Lalu sujud lagi sambil membaca tasbih seperti pada sujud pertama. 

Hukum Sholat Bulan Rajab

Dikutip dari Rumaysho.com, perlu diketahui bahwa tidak ada satu sholat pun yang dikhususkan pada bulan Rajab. Tidak ada juga anjuran untuk melaksanakan Sholat Roghoib pada bulan Rajab.

Sholat Roghoib atau biasa disebut Sholat Rajab adalah sholat yang dilakukan pada malam Jumat pertama bulan Rajab antara Sholat Maghrib dan Isya.

Di antara keutamaan yang disebutkan pada hadits yang menjelaskan tata cara Sholat Roghoib adalah dosanya walaupun sebanyak buih di lautan akan diampuni dan bisa memberi syafaat untuk 700 kerabatnya. Namun, hadits yang menerangkan tata cara Sholat Roghoib dan keutamaannya adalah hadits maudhu' (palsu). 

Ibnul Jauzi rahimahullah meriwayatkan hadits tersebut dalam Al Mawdhu’aat (kitab hadits-hadits palsu). Ia mengatakan:

"Sungguh, orang yang telah membuat bid'ah dengan membawakan hadits palsu ini sehingga menjadi motivator bagi orang-orang untuk melakukan Sholat Roghoib dengan sebelumnya melakukan puasa, padahal siang hari pasti terasa begitu panas.

Namun ketika berbuka, mereka tidak mampu untuk makan banyak. Setelah itu mereka harus melaksanakan Sholat Maghrib lalu dilanjutkan dengan melaksanakan Sholat Roghoib. Padahal dalam Sholat Roghoib, bacaannya tasbih begitu lama, begitu pula dengan sujudnya. Sungguh orang-orang begitu susah ketika itu.

Sesungguhnya aku melihat mereka di bulan Ramadhan dan tatkala mereka melaksanakan sholat tarawih, kok tidak bersemangat seperti melaksanakan sholat ini?! Namun, sholat ini di kalangan awam begitu urgen. Sampai-sampai orang yang biasa tidak hadir sholat jamaah pun ikut melaksanakannya." (Al Mawdhu'aat li Ibnil Jauziy, 2/125–126)

Sholat Roghoib ini pertama kali dilaksanakan di Baitul Maqdis, setelah 480 Hijriyah dan tidak ada seorang pun yang pernah melakukan sholat ini sebelumnya. (Al Bida' Al Hawliyah, 242)

Ath-Thurthusi mengatakan, "Tidak ada satu riwayat yang menjelaskan bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam melakukan sholat ini. Sholat ini juga tidak pernah dilakukan oleh para sahabat radhiyallahu 'anhum, para tabi'in, dan salafush sholeh –semoga rahmat Allah pada mereka." (Al Hawadits wal Bida’, hal. 122. Dinukil dari Al Bida’ Al Hawliyah, 242)

Kesimpulannya, Sholat Roghoib adalah sholat yang tidak ada tuntunan. Sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam.

Wallahu a'lam bisshawab

Disadur dari Okezone.com 

Sholat Bulan Rajab Muslim Malam Jumat


Loading...