5 Makanan Kaya Lemak Sehat ini Bisa Di Jadikan Skincare Alami

5 Makanan Kaya Lemak Sehat ini Bisa Di Jadikan Skincare Alami
ilustrasi (timesindonesia.com: google)
Editor: Admin Life Style —Sabtu, 20 Januari 2024 14:21 WIB

Teras Jabar.Id-Kaya akan lemak sehat dan antioksidan, beberapa makanan ini dapat dijadikan sebagai skincare alami. Manfaatnya bisa mencegah penuaan dini.
Memiliki kulit yang sehat, khususnya pada kulit wajah adalah dambaan setiap orang. Baik wanita maupun pria kini bahkan melakukan perawatan kulit atau skincare secara rutin.

Namun, tanpa produk kecantikan tersebut kamu juga tetap bisa mendapatkan kulit yang cerah, mulus, kencang dan terhindar dari kerutan.
Kuncinya adalah rutin mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi penting untuk kulit, seperti antioksidan, vitamin E dan C, dan lemak sehat.

1. Blueberry
Blueberry tidak hanya bagus untuk kesehatan otak, tetapi juga kesehatan kulit. Buah berwarna biru keunguan ini dikemas dengan antioksidan yang baik.
Antioksidan tersebutlah yang akan membantu melindungi kulit dari stres oksidatif dan kerusakan, sehingga bisa mencegah penuaan dini.
Menurut ahli nutrisi Dr. Robert Love, blueberry juga bagus untuk meningkatkan memori. Ahli gizi menyarankan untuk membeli blueberry organik, sebab jika menggunakan pestisida bisa merusak otak dan kulit.

2. Alpukat
Dr. Robert mengatakan bahwa alpukat merupakan obat anti penuaan dini. Alpukat dikemas dengan lemak sehat dalam jumlah yang tinggi.
Selain itu, buah alpukat merupakan sumber vitamin E yang baik. Nutrisi tersebut berperan menyehatkan kulit, meningkatkan elastisitas, dan mencegah penuaan dini.
"Vitamin E-nya sangat tinggi, itu yang akan melawan radikal bebas dan meningkatkan kolagen," tutur Dr. Robert.

3. Ubi Jalar

Ubi jalar bagus untuk kesehatan kulit. Pasalnya, jenis umbi-umbian ini kaya akan kandungan beta-karoten, sebuah pigmen yang baik untuk melindungi kulit.
Beta-karoten tersebut yang akan melindungi kulit dari sinar matahari. Dr. Robert menjelaskan bahwa ubi jalar dapat membantu melawan kerusakan akibat sinar matahari.
"Rutin makan ubi jalar, bisa membuat kamu terhindar dari kerutan dini akibat paparan sinar matahari," lanjur Dr. Robert.

4. Ikan Berlemak
Ikan berlemak akan memberikan banyak nutrisi penting untuk kesehatan kulit. Jenis ikannya, seperti salmon, sarden, dan ikan makarel.
Ikan tersebut tinggi akan asam lemak omega-3 yang membantu menyehatkan kulit, mengurangi kerutan, dan meningkatkan kesehatan otak.
Namun, Dr. Robert menyarankan untuk membeli ikan tersebut dari hasil pancingan. Karena ikan yang berasal dari peternakan biasanya mengandung kutu.

5.Buah Citrus

Buah citrus dapat diandalkan sebagai skincare alami. Mulai dari buah jeruk, lemon, grapefruit, dan jenis buah citrus lainnya.
Buah tersebut akan membantu kulit lebih cerah dan terhidrasi dengan baik. "Itu karena kandungan vitamin C yang tinggi yang berperan sebagai antioksidan," ujar Dr. Robert.
Lebih lanjut, ahli nutrisi tersebut menjelaskan bahwa vitamin C sangat penting dalam rutinitas perawatan kulit yang menyeluruh juga pola makan sehat.
"Vitamin C tersebut bisa membantu memproduksi kolagen yang dibutuhkan untuk kesehatan kulit," tutupnya.

Sumber: food.detik.com

Makanan Skincare Sehat Kecantikan Skincare alami


Loading...