Cetak Gol Ke Gawang Vietnam, Asnawi Mangkualam Catatkan Sejarah Bagi Timnas Indonesia

Cetak Gol Ke Gawang Vietnam, Asnawi Mangkualam Catatkan Sejarah Bagi Timnas Indonesia
(Tempo.co : Google)
Editor: Epenz Sport Style —Sabtu, 20 Januari 2024 09:54 WIB

Terasjabar.id -- Kemenangan 0-1 timnas Indonesia atas Vietnam di Piala Asia 2023 memberikan catatan tersendiri bagi skuad garuda saat jumpa tim berjuluk “The Golden Warriors” tersebut. Melansir dari laman resmi PSSI (pssi.org), skuad garuda akhirnya bisa kembali meraih kemenangan atas tim yang sama-sama berada di wilayah sub-konfederasi AFF atau Asia tenggara tersebut sejak 8 tahun terakhir.

Sebelumnya, timnas Indonesia terakhir kali meraih kemenangan atas Vietnam adalah dalam semifinal AFF Cup 2016 silam. Setelah itu, skuad garuda selalu gagal menang, khususnya dalam 4 pertandingan terakhir sebelum laga ke-2 grup D Piala Asia semalam yang dimana skuad garuda sukses memutus rekor buruk tersebut.

Selain rekor pertemuan kedua tim, pada laga semalam juga sukses mencatatkan rekor lainnya, khususnya bagi sang kapten timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam. Mantan pemain klub Korea Selatan, Ansan Greeners tersebut sukses menjadi pemain ke-8 timnas Indonesia yang sukses mencetak gol di ajang Piala Asia.

Sebelumnya ada rekan setimnya, yakni Marselino Ferdinan yang sukses mencetak gol dan menjadi pemain ke-7 timnas Indonesia yang sukses mencatat torehan gol di Piala Asia. Gol semata wayang Asnawi Mangkualam melalui titik pinalti di menit ke-42 juga sukses menghantarakan skuad garuda meraih 3 poin penting dalam laga kontra Vietnam kemarin.

Para deretan pemain timnas Indonesia yang sukses mencetak gol di Piala Asia antara lain, Widodo Cahyono Putro, Ronny Wabia, Budi Sudarsono, Ponaryo Astaman, Bambang Pamungkas dan Elie Aiboy. Masuknya nama Marselino Ferdinan dan Asnawi Mangkualam membuat kedua pemain tersebut dapat disejajarkan dengan para pemain legenda tersebut.


Asnawi Mangkualam Mengaku Senang Bisa Mencetak Gol Lagi

Gol krusialnya di menit ke-42 menjadi penentu kemenangan timnas Indonesia di ajang Piala Asia edisi kali ini. Sebelumnya, Asnawi Mangkualam mencatatkan gol pertamanya bagi timnas Indonesia saat menaklukkan Laos 5-1 di ajang AFF Cup 2020 silam. Keberhasilannya mencetak gol ke gawang Vietnam tentunya membuat perasaan mantan pemain PSM Makassar tersebut cukup gembira.

“Saya menyerahkan semuanya kepada Tuhan dan alhamdulillah bisa mengeksekusi dengan tenang. Kalau diberikan tanggung jawab tersebut ya harus siap. Saya memang juga sudah mempersiapkan di latihan juga,” ujar Asnawi Mangkualam, dikutip dari kanal berita ANTARA (antaranews.com).


Disadur dari Suara.com 

Timnas Indonesia Vietnam Piala Asia 2023 Asnawi Mangkualam


Loading...