WHO Beri Warning Dunia soal 'Disease X', Diprediksi Jadi Next Pandemi

WHO Beri Warning Dunia soal 'Disease X', Diprediksi Jadi Next Pandemi
WHO
Editor: Admin Teras Health —Jumat, 19 Januari 2024 11:25 WIB

TerasJabar.id-Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kembali memperingatkan masyarakat dunia untuk bersiap menghadapi Disease X. WHO juga menyatakan harapan bahwa negara-negara akan mencapai kesepakatan terkait strategi menangani pandemi pada Mei tahun ini untuk mengatasi 'musuh bersama' itu.
"Perjanjian pandemi dapat menyatukan seluruh pengalaman tantangan yang kita hadapi dan semua solusi menjadi satu," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus di Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss, dikutip dari Anadolu Agency.

"Kita tidak boleh menghadapi hal-hal tanpa persiapan, kita juga bisa bersiap menghadapi beberapa hal yang tidak diketahui," kata Ghebreyesus.

Menyinggung pentingnya penelitian dan pengembangan infrastruktur kesehatan dan tenaga kerja untuk bersiap menghadapi Disease X, ia menekankan bahwa kesehatan primer sangat penting seperti yang dilihat dunia selama pandemi COVID-19.



"Bahkan masyarakat dapat bersiap menghadapi Disease X," kata Ghebreyesus, seraya menambahkan bahwa kesehatan masyarakat, pendidikan, dan komunikasi harus menjadi prioritas utama.

Mengulang kembali pentingnya perjanjian pandemi, ia menekankan hal ini dapat membantu dunia mempersiapkan masa depan dengan lebih baik.

"Karena ini adalah musuh bersama dan tanpa respons bersama, dimulai dari kesiapsiagaan... kita akan menghadapi masalah yang sama seperti COVID," imbuhnya.

Lantaran batas waktu perjanjian pandemi jatuh pada Mei 2024, Tedros berharap negara-negara akan mencapai perjanjian pandemi ini pada saat itu.

Dia juga mengatakan, apabila generasi yang memiliki pengalaman langsung ini tidak bisa melakukannya, maka ia tidak berpikir generasi berikutnya akan melakukannya.

"Jadi demi anak cucu kita, ... kita harus mempersiapkan dunia untuk masa depan," tambah Ghebreyesus.

Sebelumnya, WHO memperkenalkan istilah Disease X pada 2018. Penyakit X atau Disease X ini bukanlah nama penyakit nyata. Ini adalah nama yang diberikan untuk patogen hipotesis yang digunakan untuk membantu merencanakan krisis kesehatan di masa depan.

Disease X ini juga kerap diprediksi berisiko menjadi pandemi baru, bahkan lebih mematikan daripada COVID-19.


Disadur dari detik.com

WHO DiseaseX Pandemi


Loading...