Pertama di Tarogong Kidul, SDN 3 Haurpanggung Melakukan Parenting

Pertama di Tarogong Kidul, SDN 3 Haurpanggung Melakukan Parenting
Editor: Jajang Teras Garut —Rabu, 18 September 2024 14:17 WIB

TERASJABAR.ID - Rabu (18/9/2024). Bertempat di ruang kelas multiguna, SDN 3 Haurpanggung melakukan Parenting "Peran Orang Tua Dalam Mendidik dan Melatih Anak pada Era Disrupsi atau Digital" bersama Ust. Acep Taufik Ismail, S.Pd.

Kegiatan parenting ini dibuka oleh Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Tarogong Kidul, Ajat Sudrajat S.Pd., M.Pd., diikuti oleh Korwas Elin Ruslina, S.Pd., M.Pd., Pengawas Ida Siti Faridah, M.Pd., Kepala SDN 3 Haurpanggung Tita Rosita, S.Pd.SD., M.Pd., beserta guru-gurunya, Ketua komite beserta jajarannya dan seluruh orang tua wali murid.

Ajat memberikan apresiasinya terhadap SDN 3 Haurpanggung, karena kegiatan parenting ini biasanya dilakukan oleh sekolah-sekolah swasta. Untuk itu, ia berharap kepeduliannya terhadap murid-muridnya ini diikuti oleh sekolah-sekolah negeri lainnya.

"Mudah-mudahan apa yang dilakukannya berdampak positif, khususnya bagi keluarga besar SDN 3 Haurpanggung," ucap Ajat. Ia mengatakan, SDN 3 Haurpanggung menjadi sekolah negeri pertama yang melakukan kegiatan parenting.

Kegiatan parenting di era serba digital ini sangat penting, terutama bagi orang tua wali murid, karena peran sentral orang tua sebagai pendidik pertama dan utama bagi anak-anaknya.

Sehingga kata Tita Rosita, harus betul-betul membimbingnya, didasari dengan keimanan yang kuat. Karena lanjut Tita, sebuah kemajuan teknologi itu bukanlah untuk dihindari tetapi untuk dihadapi dengan bijaksana.

Ia mengharapkan, paparan dari narasumber diikuti dengan seksama, dijadikan pengetahuan, dan menambah wawasan untuk membimbing anak-anaknya dalam menghadapi di masa digital ini, dan para orang tua ikut berperan aktif, bertanya di sesi tanya jawab.

Parenting ini bukan hanya penting, tetapi juga krusial dalam membentuk anak menjadi pribadi yang seimbang, percaya diri, dan sukses baik di sekolah maupun di rumah.

Pola asuh di rumah sangat berpengaruh pada perkembangan karakter, kebiasaan, dan sikap anak di sekolah. Kegiatan parenting membantu orang tua memahami bagaimana mendukung anak secara optimal dalam berbagai aspek, baik akademik, sosial, maupun emosional.

Selain itu, parenting ini untuk penguatan hubungan orang tua dan anak, pemahaman tahap perkembangannya, mendukung terhadap prestasi akademiknya, dan penanganan masalah perilaku.

Kegiatan parenting juga menciptakan kolaborasi yang lebih baik antara sekolah dan orang tua dalam mendukung pendidikan anak. Ketika kedua pihak bekerja sama, mereka dapat saling melengkapi dalam memberikan lingkungan yang kondusif bagi perkembangan anak. ***Jajang Sukmana

SDN 3 Haurpanggung Tarogong Kidul Melakukan Parenting


Loading...