Iptu Umbaran Wibowo Dilantik Jadi Kapolsek Blora Setelah Jadi Wartawan, Kok Bisa ? Begini Ceritanya

Iptu Umbaran Wibowo Dilantik Jadi Kapolsek Blora Setelah Jadi Wartawan, Kok Bisa ? Begini Ceritanya
Surya.co.id
Editor: Malda Hot News —Kamis, 15 Desember 2022 11:59 WIB

Terasjabar.id - Iptu Umbaran Wibowo Dilantik Jadi Kapolsek Blora Setelah Jadi Wartawan, Kok Bisa ? Begini Ceritanya  Seorang perwira polisi dilantik sebagai Kapolsek Blora Jawa Tengah.

Adapun perwira tersebut bernama Iptu Umbaran Wibowo.

Ternyata, Iptu Umbaran Wibowo merupakan intel yang ditugaskan menjadi wartawan atau kontributor TVRI.

Sontak hal tersebut menjadi viral dan menghebohkan jagat maya.

Dikutip dari Kompas.com, Iptu Umbaran Wibowo diketahui bekerja sebagai wartawan selama 14 tahun.

Ia pun tercatat sebagai wartawan madya oleh Dewan Pers.

Selain itu, Dewan pers juga mengeluarkan sertifikat uji kompetensi kontributor televisi nasional TVRI yang telah dijalankan Umbaran Wibowo sebagai syarat Kompetisi wartawan.

Kata Polda Jateng

Terkait hal tersebut, Polda Jawa Tengah angkat suara.

Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Iqbal Alqudusy menyebut jika wartawan tersebut merupakan anggota Polri bernama Iptu Umbaran Wibowo.

Iqbal juga membenarkan jika Iptu Umbaran pernah juga bekerja sebagai wartawan kontributor TV. Namun, bukan pegawai tetap stasiun TV tersebut.

"Iptu Umbaran betul anggota Polri dan benar pernah bekerja sebagai kontributor di TVRI Jateng untuk wilayah Pati," kata Iqbal, Rabu 

Iqbal mengatakan Iptu Umbaran pernah ditugaskan sebagai bagian Intelijen di wilayah Blora, Jawa Tengah.

"Januari Tahun 2021 penugasan tersebut selesai dan dia pindah menjadi organik Polres Blora sebagai Kanit Intel di Polres Blora," ucap Iqbal.

Setelah itu Iptu Umbaran diangkat menjadi Wakapolsek Blora hingga akhirnya dia diangkat menjadi Kapolsek Kradenan seperti yang diberitakan baru-baru ini.

Bantah Dipecat
Polda Jawa Tengah juga membantah terkait kabar Iptu Umbaran Wibowo yang kini menjabat sebagai Kapolsek Kradenan, Blora, Jawa Tengah telah dipecat.

Kabar yang diterima Tribunnews.com, pemecatan hingga pemeriksaan terhadap Iptu Umbaran Wibowo itu buntut viralnya yang bersangkutan karena menyamar sebagai wartawan kontributor TV nasional.

"Bersama ini disampaikan, isu pencopotan yang bersangkutan dari jabatannya selaku Kapolsek tidak benar," kata Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Iqbal Alqudusy.

Iqbal mengatakan saat ini Iptu Umbaran Wibowo masih menjabat sebagai Kapolsek Kradenan setelah dilantik beberapa waktu yang lalu.

Dewa Pers: Independensi Media Harus Dijaga

Arif Zulkifli, salah satu anggota Dewan Pers merespon soal viralnya Iptu Umbaran Wibo yang dilantik menjadi Kapolsek Blora.

Ia mengingatkan kepada anggota Dewan Pers pentingnya independensi media.

Arif menegaskan media harus memastikan wartawannya tidak terikat dengan institusi lain.

"Independensi media harus dijaga salah satunya dengan memastikan wartawan yang bekerja tidak terikat dengan institusi lain," kata Arif saat dikonfirmasi Tribunnews.com, Rabu 14 Desember 2022.

Karenanya, Arif mengingatkan media agar hati-hati dalam memperkerjakan atau merekrut wartawan.

"Media hendaknya lebih berhati-hati dalam merekrut dan mempekerjakan wartawan," ungkapnya.

Ia juga mengatakan pihaknya sedang membahas langkah-langkah untuk mencopot status wartawan Iptu Umbaran.

"Sedang dibicarakan (rencana pencopotan)," ucap Arif.

Selain itu, Arif menyebut saat ini juga Dewan Pers tengah berkoordinasi dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) untuk langkah-langkah selanjutnya.

" Dewan Pers sedang berkoordinasi dengan PWI untuk langkah selanjutnya," ucapnya.

(*)

Artikel ini telah tayang di Tribun-Bali.com dengan judul 14 Tahun Jadi Wartawan, Iptu Umbaran Wibowo Dilantik Jadi Kapolsek Blora, Ini Kata Polda Jateng, https://bali.tribunnews.com/2022/12/15/14-tahun-jadi-wartawan-iptu-umbarawan-wibowo-dilantik-jadi-kapolsek-blora-ini-kata-polda-jateng?page=all.

Kapolsek Blora Wartawan Perwira Polisi TVRI Iptu Umbaran Wibowo Dewan Pers


Loading...