Pelatihan Membuat Alat Peraga Edukatif, IGTKI Kabupaten Garut

Pelatihan Membuat Alat Peraga Edukatif, IGTKI Kabupaten Garut
Editor: Jajang Teras Garut —21 jam 41 menit lalu

TERASJABAR.ID - Ikatan Guru Taman Kanak-kanak (IGTKI – PGRI) Kabupaten Garut memiliki Komunitas Belajar (Kombel) antar sekolah yang terdaftar di Platform Merdeka Mengajar (PMM), yaitu Kombel IGTKI Garut dengan Ketua Kombel Novi Siti Wariah, S.Pd. 

Komunitas Belajar Ikatan Guru Taman Kanak - Kanak Indonesia (IGTKI) Kabupaten Garut adalah wadah bagi Guru TK untuk belajar bersama dan berkolaborasi. 

Kombel IGTKI Garut sudah dua kali menggelar webinar di PMM. Ketua IGTKI Kabupaten Garut, Tati Nurbaeti, S.Pd., MM., menyarankan,  agar Kombel IGTKI Garut selain menggelar kegiatan daring, juga menggelar kegiatan tatap muka. Beliau selalu berpesan, jadi guru harus mau belajar tidak boleh lelah menimba ilmu, jangan merasa cukup dengan pengetahuan yang dimiliki. Harus selalu dinamis, cerdas intelektual, cerdas emosional. Bagi yang berilmu hendaknya selalu berbagi. Ibarat sumur yang selalu dimanfaatkan airnya tetap jernih dan tiada habis. Sebaliknya, jika tidak pernah diambil airnya, warnanya keruh, aromanya tidak sedap, mungkin bisa beracun.

Pada perencanaan Webinar kedua bertajuk Literasi bagi anak usia dini, disepakati narasumber Aini Mardiyah, S.Pd.I dan Ai Atun Mardiah, S.Pd. yang lebih akrab dipanggil Bu Aat. Lalu tercetuslah  materi Alat Peraga Literasi dilakukan secara tatap muka. Tujuan pelatihan luring agar peserta bisa praktik  langsung.  

 Kegiatan luring perdana dengan mengangkat Pelatihan membuat Alat Peraga Edukatif dengan pemateri Bu Aat, Juara 1 APE Tingkat Nasional dan juara 1 APE Jambore Merdeka Bermain Jawa Barat.

Usai webinar kedua, Kombel IGTKI Garut merencanakan Pelatihan luring dibuat beberapa Batch berdasarkan wilayah geografis. Salah satu pertimbangan dibuat beberapa Batch berdasarkan wilayah geografis adalah jangkauan peserta ke lokasi dan efektifitas pelatihan. Pelatihan Membuat Alat Peraga Edukatif Batch 1 yang terdiri dari lima Kecamatan, yaitu Tarogong Kidul, Tarogong Kaler, Garut Kota, Cilawu, dan Karangpawitan.

Pelatihan Alat Peraga ini adalah Kerjasama tim yang terdiri dari Komunitas Belajar IGTKI Garut, Pengurus IGTKI Cabang dan Kabupaten, serta Tim Kreatif IGTKI. 

Tim Kreatif IGTKI Kabupaten Garut adalah sebuah wadah yang menghimpun potensi dan bakat guru-guru TK Kabupaten Garut. Tim Kreatif ini beranggotakan guru-guru dengan beragam prestasi.

Pada Sabtu, 12 Oktober 2024 bertempat di GOR PGRI Tarogong Kaler, kegiatan luring perdana sukses digelar. Kegiatan ini diikuti oleh 173 peserta yang berkontribusi secara swadaya. 

Pelatihan Batch 1 ini peserta dibatasi satu Lembaga satu, harapannya peserta dapat melakukan diseminasi di lembaganya masing-masing. Kegiatan Pelatihan Batch pertama ini pun targetnya dapat menjadi daya tarik bagi Kecamatan lain sebagai sasaran Batch dua dan selanjutnya.

Pelatihan ini menjadi ajang berbagi praktik baik membuat media pembelajaran serta inspirasi kegiatan-kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan berpusat pada peserta didik. Alat peraga  yang mudah dibuat dari bahan yang mudah didapat dan bermanfaat untuk mengembangkan berbagai aktivitas di sekolah. 

Selain pemaparan materi dan praktik langsung membuat Alat Peraga Edukatif, narasumber juga menyajikan game-game interaktif yang menarik dan aplikatif. Istimewanya lagi, narasumber menyediakan hadiah inspiratif yang dibuatnya sendiri. Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan sejak pagi hingga penutupan menjelang sore. 

Hingga tulisan ini dibuat, animo dari Cabang IGTKI di beberapa Kecamatan untuk digelar Pelatihan Membuat Alat Peraga Edukatif di wilayahnya terus bermunculan. ***Aini Mardiyah (Kepala TK AR-ROJA Kabupaten Garut).

IGTKI Kabupaten Garut


Loading...