SDN 7 Kota Kulon Garut Kota Punya Program Disiplin Positif

SDN 7 Kota Kulon Garut Kota Punya Program Disiplin Positif
Editor: Jajang Teras Garut —15 jam 46 menit lalu

TERASJABAR.ID - Setelah sukses melaksanakan program sholat Dhuha tiap hari Jumat dan senam bersama pada tiap hari Sabtu, dalam rangka meningkatkan disiplin positif di seluruh kalangan warga sekolah, SDN 7 Kota Kulon sejak awal tahun ajaran 2024/2025 meluncurkan program memutar lagu anak pada saat embun pagi. Program ini berupa memutar lagu-lagu yang telah diprogramkan pada pukul 06.30-07.00 WIB.

Kecuali pada hari Rabu, tiap hari diputar lagu anak-anak yang telah dipilih oleh tim guru. Lagu tersebut dipilih dan disesuaikan dengan fase perkembangan peserta didik dan kegiatan yang akan dilaksanakan pada hari itu. Hari Rabu jam 06.30- 07.00 WIB dikumandangkan murotal juz amma, sebab pada hari itu anak-anak harus menyetor hafalan Juz Amma kepada guru agamanya.

Lagu yang dikumandangkan tiap pagi berbeda-beda. Contohnya, pada hari Senin lagu yang diputar lagu-lagu wajib nasional, Selasa kakawihan barudak atau kawih kaulinan barudak, Kamis diputar pupuh yang tujuh belas, Jumat dikumandangkan lagu-lagu rohani, dan Sabtu lagu anak-anak sesuai dengan kurikulum merdeka.

Walau baru dilaksanakan setengah semester, manfaat program ini sudah mulai terasa. Ninin Ratiah, S.Pd., dan Hj. Teti S.Pd. sebagai guru senior di SDN 7 Kota Kulon, melihat mulai adanya peningkatan kedisiplinan peserta didik sedikit demi sedikit, terutama ketepatan waktu masuk kelas.

Anak-anak kelas satu dan dua sekarang lebih berani untuk masuk kelas tanpa diantar orang tuanya. Sedangkan menurut Annisa, S.Pd., anak-anak terlihat lebih nyaman ketika masuk kelas.

Salah seorang orang tua peserta didik mengatakan anak-anaknya lebih semangat berangkat ke sekolah, apalagi pada hari Selasa ketika diputar lagu kaulinan barudak. Anak-anak dengan gembira melakukan permainan sesuai dengan kawih kaulinan yang diputar seperti oray-orayan dan sasalimpetan.

Sabtu (19/10/2024). Kepala SDN 7 Kota Kulon, Sri Asdianwati, M.Pd mengatakan, program ini dilaksanakan hasil dari diskusi dengan semua guru SDN 7 Kota Kulon. "Tujuan pertama adalah untuk meningkatkan disiplin positif di sekolahnya, juga untuk memfasilitasi bakat seni dari peserta didik," ungkapnya.

Menurutnya, banyak peserta didik yang senang bernyanyi, tapi lagu yang dinyanyikannya kurang sesuai dengan fase perkembangannya, makanya pada program ini diperkenalkan kepada mereka lagu anak-anak yang sesuai. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk menanamkan rasa cinta tanah air, bahasa, dan budaya kepada peserta didik. ***Jajang Sukmana

SDN 7 Kota Kulon Garut Kota


Loading...