Berikut Beberapa Manfaat Penting Mengonsumsi Kangkung Bagi Kesehatan

Berikut Beberapa Manfaat Penting Mengonsumsi Kangkung Bagi Kesehatan
Ilustrasi (Detik.com : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Selasa, 26 Juli 2022 10:14 WIB

Terasjabar.id -- Kangkung termasuk salah satu jenis sayuran yang paling diminati oleh banyak orang. Ada berbagai jenis resep olahan kangkung yang dapat kita gunakan, seperti, seperti plecing kangkung, kangkung teri belacan, mie kangkung, cah kangkung udang, dan masih banyak lagi. Dari sisi kandungan gizinya, ternyata kangkung memiliki berbagai jenis vitamin, mineral, serta antioksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Apa saja manfaat tersebut? Merangkum dari laman MedicalNewsToday.com, berikut pembahasannya.

Ikuti INSTAGRAM Kami :



1. Membantu Mencegah Diabetes

American Diabetes Association merekomendasikan kangkung sebagai salah satu sayuran yang wajib dikonsumsi, karena berperan penting dalam mengurangi risiko timbulnya penyakit diabetes yang disebabkan oleh adanya kandungan serat serta antioksidan yang tinggi. Sebuah penelitian dari Journal of Chiropractic Medicine menjelaskan bahwa dengan mengonsumsi serat makanan dalam jumlah tinggi akan memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena penyakit diabetes tipe 2. Selain itu mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi serat seperti kangkung juga dapat menurunkan kadar glukosa darah.

Penelitian lain dari Indian Journal of Endocrinology and Metabolism menyebutkan bahwa adanya kandungan antioksidan di dalam kangkung berupa vitamin C dan Alfa Linolenat Acid (ALA), berperan penting dalam mengurangi komplikasi yang terjadi pada penderita diabetes.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Kangkung memikiki kandungan mineral berupa kalium yang berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung. Mengonsumsi satu cup kangkung dapat memenuhi 3,6 persen dari total kebutuhan kalium harian orang dewasa. Selain itu adanya kandungan serat pada kangkung juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah yang berkaitan dengan timbulnya penyakit jantung.

3. Mencegah Kanker

Kangkung mengandung klorofil yang dapat mengikat karsinogen dan mencegah tubuh menyerapnya. Karsinogen yang dapat diserap berupa amina heterosiklik yang terbentuk dari hasil panggangan daging dalam suhu yang tinggi.

 Berdasarkan penelitian dari The American Journal of Clinical Nutrition menemukan fakta bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung serat seperti kangkung dapat menurunkan risiko timbulnya kanker kolorektal. Selain itu adanya antioksidan lain yang terdapat pada kangkung seperti vitamin C, selenium, serta beta karoten akan turut serta dalam mencegah serangan radikal bebas yang akan memicu terjadinya kanker.

Tonton Juga 

4. Menjaga Kesehatan Mata

Kangkung mengandung antioksidan berupa lutein dan zeaxanthin, kombinasi dari kedua jenis antioksidan ini dapat membantu mengurangi risiko timbulnya penyakit degenerasi makula akibat faktor usia. Penelitian dari Clinical Interventions in Aging ikut menemukan fakta bahwa adanya kandungan vitamin C, vitamin E, zinc, dan beta karoten memiliki manfaat yang penting dalam menjaga kesehatan mata.

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Adanya kandungan serat sebesar 4,7 gr dalam 1 cup kangkung dinilai mampu mencegah serta mengatasi terjadinya sembelit sehingga pencernaan akan menjadi lebih lancar.

Itulah tadi lima manfaat penting mengonsumsi kangkung bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :


Disadur dari Yoursay.id dan Suara.com 

Kangkung Manfaat Sayuran Kesehatan


Loading...