Berikut Beberapa Manfaat Mengonsumsi Kacang Edamame untuk Kesehatan

Berikut Beberapa Manfaat Mengonsumsi Kacang Edamame untuk Kesehatan
Ilustrasi (Kompas.com : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Selasa, 19 Juli 2022 14:03 WIB

Terasjabar.id -- Edamame merupakan kacang kedelai yang dipanen saat masih muda. Edamame biasanya dijual langsung dengan kulitnya, dan diolah dengan cara perebusan. Biasanya, kacang edamame sering disajikan di restoran Jepang, karena merupakan salah satu makanan cemilan tradisional khas jepang. Nah, belakangan diketahui bahwa kacang edamame ini ternyata memilki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Seperti apa ragam manfaat yang ditawarkan tersebut? Melansir dari laman MedicalNewsToday.com, berikut enam di antaranya.

1. Menjaga Kesehatan Otak

Mengonsumsi edamame dipercaya dapat menurunkan risiko terjadinya penurunan fungsi kognitif terkait usia, hal tersebut didasari oleh adanya peran penting isovlafon dalam edamame yang dapat menjaga kesehatan otak. Selain itu berdasarkan penelitian dari Journal of Alzheimer's disease juga ikut menyatakan bahwa antioksidan isoflavon dalam edamame mampu meningkatkan fungsi kognitif pada wanita setelah menopause.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Studi dari Journal Nutrients menyebutkan bahwa edamame mampu mencegah penyakit jantung melalui aktivitas antioksidan isoflavon yang dapat menurunkan kadar lemak jahat pemicu terjadinya jantung koroner.

3. Mencegah Kanker Prostat

Hasil penelitian dari Journal Nutrient menyatakan bahwa dengan mengonsumsi edamame secara rutin mampu mencegah terjadinya kanker prostat pada pria.

4. Mencegah Depresi 

Edamame merupakan salah satu jenis makanan nabati yang mengandung tinggi asam folat. Mengutip dari National Intitutes of Health menyebutkan bahwa asam folat mampu mengurangi risiko depresi dengan cara mengurangi kadar homosistein yang berlebih pada tubuh. Sehingga akan membuat produksi hormon serotonin yang berperan dalam penentu suasana hati menjadi stabil.

5. Anti Inflamasi

Secangkir edamame mengandung mineral kolin yang akan memenuhi 16% dari total kebutuhan harian dewasa. Studi dari Scientific Reports menunjukkan bahwa kolin berperan dalam mencegah terjadinya peradangan, begitu juga dengan peran dari aktivitas  antioksidan isoflavon pada edamame.

6. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kacang edamame juga memiliki kandungan serat yang tinggi, yaitu sebesar 8 gr serat per 160 gr kacang edamame. Selain itu karbohidrat yang terkandung pada edamame merupakan jenis karbohidrat kompleks. Nah adanya kandungan serat yang tinggi serta karbohidrat kompleks dinilai mampu menjaga kesehatan pencernaan.

Demikianlah pembahasan tentang 6 manfaat mengonsumsi kacang edamame bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat bagi pembaca.

Disadur dari Suara.com

Edamame Kacang Kedelai Kesehatan Tubuh


Loading...