Berikut Beberapa Khasiat Jamu Kunyit Asam, Mengatasi Nyeri Haid hingga Bau Badan

Berikut Beberapa Khasiat Jamu Kunyit Asam, Mengatasi Nyeri Haid hingga Bau Badan
Ilustrasi (Alodokter : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Selasa, 26 Juli 2022 09:42 WIB

Terasjabar.id - Salah satu jenis jamu yang digunakan sebagai obat adalah jamu kunyit asam. Jamu kunyit asam dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami yang kaya akan nutrisi di dalamnya. Lantas apa saja khasiat jamu kunyit asam ini? Simak daftarnya berikut ini.

Khasiat Jamu Kunyit Asam

Ikuti INSTAGRAM Kami 


 


 

1. Mencegah dan mengurangi risiko penyakit kanker

Kandungan kurkumin dalam kunyit ini berfungsi sebagai antiperadangan dan antioksidan yang dapat mengurangi risiko penyakit kanker. Kandungan ini dapat mengurangi risiko sel tubuh yang rusak karena mutasi sel dan kanker.

2. Meredakan nyeri haid

Bagi perempuan yang sedang haid disarankan untuk meminum jamu kunyit asam karena dapat meredakan nyeri. Kandungan kurkumin ini berfungsi untuk menahan produksi hormon yang dapat memicu rasa nyeri. Alhasil, nyeri haid akan semakin berkurang hingga mereda.

3. Menurunkan berat badan

Bagi seseorang yang ingin memiliki badan ideal, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mengonsumsi minuman herbal seperti jamu kunyit asam. Khasiat jamu kunyit asam ini dapat menjaga kadar gula darah, kolestrol, hingga menghindarkan kenaikan berat badan.

4. Mengatasi jerawat

Kunyit juga dikenal sebagai rempah-rempah yang dapat membantu kulit wajah menjadi bersih dan terawat. Kunyit yang mengandung vitamin A dan vitamin C ini dapat mencegah kemunculan jerawat secara tiba-tiba.

5. Menjaga kesehatan pencernaan

Kunyit juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan pencernaan seperti lambung dan usus. Kunyit mengandung zat antiperadangan dan antioksidan yang membantu pengobatan dan mencegah timbulnya tukak lambung (nyeri ulu hati, kembung, mual dan lain sebagainya)

Tonton Juga :

6. Mencegah penuaan dini

Kandungan antioksidan dalam jamu kunyit asam ini dapat memperlambat penuaan dini, mencegah dari paparan sinar UV dan menjaga kulit tetap sehat. 

7. Mengatasi permasalahan bau badan

Jamu kunyit asam bisa menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan bau badan. Kandungan atsiri pada kunyit ini dapat mengontrol produksi keringat dan dapat melawan bakteri yang menyebabkan bau badan.

Nah itulah 7 khasiat jamu kunyit asam yang baik untuk kesehatan. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Baca Juga :


Disadur dari Suara.com 

Jamu Kunyit Khasiat Kesehatan Tubuh


Loading...