BBGP dan Dinas Pendidikan Jabar Gelar Kegiatan Inspiratif di Situs Candi Cangkuang

BBGP dan Dinas Pendidikan Jabar Gelar Kegiatan Inspiratif di Situs Candi Cangkuang
Kepala BBGP, dan Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, serta Shahnaz Haque di Situs Kampung Adat Kampung Pulo Candi Cangkuang.
Editor: Jajang Teras Garut —Kamis, 15 Agustus 2024 18:31 WIB

TERASJABAR.ID - Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Jawa Barat, Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Jawa Barat bersama Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat menggelar kegiatan "Kareta Sobat Nganjang Ka Situs Candi Cangkuang" di Kabupaten Garut pada Selasa (13/8/2024).

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala BBGP Jawa Barat, Mohamad Hartono, S.H., M.Ed., bersama Plh Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Drs. M. Ade Afriandi, M.T., ini bertujuan untuk memberikan ruang bagi guru-guru untuk belajar, berbagi, dan berinovasi.

Dalam sambutannya Mohamad Hartono, mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk upaya untuk mendekatkan diri kepada guru-guru di seluruh Jawa Barat, berbagi ilmu dan pengetahuan dari praktisi pendidikan dan lainya.

"Kegiatan ini merupakan kerjasama antara BBGP Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Disparbud Kabupaten Garut, UPTD Situs Cangkuang dan tentunya forkopimcam dan guru, siswa di Kabupaten Garut," ungkapnya.

Lanjutnya, dengan mengunjungi situs bersejarah seperti Candi Cangkuang, diharapkan para guru dapat memperoleh inspirasi baru yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran.

Hal senada juga disampaikan M. Ade Afriandi, yang mengaku sangat berbahagia dan menyambut baik kegiatan Kareta Sobat Nganjang Ka Situ Cangkuang". Menurutnya, ini merupakan inovasi yang dilakukan Kemendikbud melalui Balai Besar Guru Penggerak untuk meningkatkan kualitas guru Jawa barat khusus di pelosok Jawa Barat.

"Pembelajaran tentunya tidak selalu di kelas, BBGP menginspirasi dan pastinya terima kasih untuk pendidikan di Jawa Barat," tandasnya.

Sementara Penanggung Jawab Kegiatan, Dra. Kokom Komariah, M.Pd., mengatakan, selama kegiatan, para peserta diajak untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti lokakarya, diskusi kelompok, kunjungan ke situs candi, praktik ecoprint dan Game seru dalam peringatan 17 Agustus, pemutaran film edukasi bagi masyarakat umum disertai door prize.

Ungkapnya, hadir pula narasumber-narasumber inspiratif yang berbagi pengalaman dan pengetahuan di bidang pendidikan.

Sementara Itu, artis cantik Shahnaz Haque yang membawakan tema "Menjadi Guru Infiratif", mengundang detak kagum para pengunjung yang memenuhi rumah adat Kampung Pulo.

Shahnaz yang juga Putri Indonesia tahun 1995 dan pengasuh acara "Buah Hatiku' mengatakan, jadilah guru hebat yang menginspirasi muridnya, dan pastinya pembelajaran tidak cuma di kelas, namun di luar kelas akan menginpirasi dan menyenangkan buat anak. ***Rahayu

Kabar Wiyata


Loading...