Korwil Pendidikan Garut Kota Menyelenggarakan Workshop Penyusunan RKT

Korwil Pendidikan Garut Kota Menyelenggarakan Workshop Penyusunan RKT
Editor: Jajang Teras Garut —Rabu, 11 September 2024 12:36 WIB

TERASJABAR.ID - Rabu, 11 September 2024 di Gedung PGRI Cabang Garut Kota dilangsungkan Workshop Transformasi Pendidikan untuk Mewujudkan Sekolah Berkualitas Tahun Pelajaran 2024-2025 dengan tema "Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Inovasi, Kolaborasi serta Berbagi Praktik Baik".

Workshop ini merupakan tindak lanjut dari yang sudah disepakati, awal tahun ajaran dilakukan penyusunan Rencana Kinerja Tahunan (RKT), penyusunan kurikulum, dan pembacaan raport pendidikan untuk semua kepala se-Kecamatan Garut Kota.

Dalam kesempatan ini, Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Garut Kota, Drs. H. Jujun Junaedi, M.Pd., memanfaatkannya dengan melakukan pembinaan pada kepala sekolah bersama Ketua PGRI Cabang, Rahmat, S.Pd., didampingi Ketua K2S, Suwarso, S.Ag., M.Pd., dan Korwas SD, Pudin, S.Pd., M.Pd.

"Dalam penyusunan kurikulum, satuan pendidikan diwajibkan merancang struktur pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, serta evaluasi yang akan digunakan. Seperti kompetensi yang diharapkan dari siswa, dan cara penilaian terhadap pencapaian kompetensi," ungkap Suwarso.

Menurutnya, penyusunan kurikulum ini harus sistematis dan memerlukan pemikiran mendalam, karena kurikulum menjadi kerangka kerja yang mengarahkan semua aktivitas pembelajaran di sekolah. Sehingga terjadi keseimbangan antara teori dan praktik agar siswa tidak hanya menguasai konsep, tetapi juga kemampuan aplikatif.

Sedangkan raport pendidikan (raport sekolah) adalah indikator terpilih dari profil pendidikan yang merefleksikan prioritas kemendikbud ristek dan digunakan untuk menilai kinerja daerah dan satuan pendidikan.

Ia mengungkapkan, setiap satuan pendidikan mempunyai raport pendidikan yang dihasilkan dari ujian siswa (ANBK) dan hasil survei lingkungan belajar yang sasarannya adalah siswa, guru, kepala sekolah dan perwakilan orang tua.

"Raport pendidikan berfungsi untuk menjadi referensi utama sebagai dasar analisis, perencanaan dan tindak lanjut peningkatan kualitas pendidikan di satuan pendidikan tersebut," jelasnya.

Sedangkan penyusunan RKT, berkaitan dengan dokumen yang berisi rencana strategis (renstra) dan operasional yang akan dilaksanakan mencakup jangka waktu lebih panjang, sehingga dalam workshop ini para kepala sekolah didampingi operator sekolahnya masing-masing (membawa laptop). ***Jajang Sukmana

Workshop RKT di Lingkungan Pendidikan Garut Kota


Loading...