Berikut Beberapa Rekomendasi Obat untuk Mengatasi Diare

Berikut Beberapa Rekomendasi Obat untuk Mengatasi Diare
Ilustrasi (Alodokter : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 19 September 2023 09:01 WIB

Terasjabar.id -- Salah satu permasalahan terkait kesehatan saluran pencernaan adalah diare. Golongan usia yang rentan mengalami hal ini adalah bayi dan anak-anak. Jika tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat, hal ini akan berbahaya karena dapat menyebabkan dehidrasi atau kekurangan cairan. 

Hal yang perlu diperhatikan ketika anak mengalami diare adalah mengusahakan agar ia tidak mengalami dehidrasi. Anak juga bisa diberikan obat diare untuk anak-anak yang aman agar gejala cepat hilang dan tidak semakin parah.

Dikutip dari laman halodoc.com, berikut ini adalah beberapa pilihan obat diare yang bisa kamu dapatkan di apotek.

1. Oralit 200 

Pilihan pertama yang bisa kamu pilih untuk mengatasi dehidrasi atau kekurangan cairan akibat diare adalah dengan mengonsumsi oralit.

Oralit sachet ini memiliki kandungan natrium klorida, kalium klorida, trisodium klorida, serta glukosa anhidrat dalam bentuk serbuk.

Beberapa kandungan ini berfungsi untuk mencegah serta mengatasi kekurangan cairan atau dehidrasi akibat diare atau buang air yang berlebih.

Obat ini aman digunakan oleh anak dengan rentang usia 1 hingga 12 tahun. Namun, dosisnya disesuaikan dengan keterangan yang ada pada kemasan.

2. Zinkid Sirup

Pilihan kedua ada zinkid sirup. Obat ini memiliki kandungan zinc sulfate yang merupakan obat pelengkap untuk pengobatan diare pada anak-anak. Biasanya, dokter merekomendasikan penggunaan obat ini bersamaan dengan oralit.

Obat sirup ini dapat digunakan oleh anak-anak pada usia 2 bulan ke atas. Jangan lupa untuk membaca petunjuk penggunaan dan dosis yang sesuai dengan umur.

3. Lacto-B

Obat diare selanjutnya adalah Lacto-B. Obat ini merupakan suplemen yang mengandung probiotik yang dapat membantu fungsi saluran pencernaan. Obat ini dapat membantu mengobati diare dan mencegah intoleransi laktosa pada anak dengan usia 1 hingga 12 tahun.

Obat ini dapat dikonsumsi langsung dengan melarutkannya bersama air putih, atau mengonsumsinya bersama dengan makanan untuk meredakan rasa tidak nyaman pada pencernaan.

4. Daryazinc Syrup

Obat sirup ini dapat mengatasi diare pada anak dengan mengganti cairan tubuh yang hilang dan mencegah dehidrasi pada anak selama mengalami diare.

Kandungan yang terdapat dalam obat ini adalah zinc sulfate monohydrate dalam setiap 5 mL. Penggunaan obat ini juga dapat dikonsumsi bersamaan dengan oralit.

Itulah empat rekomendasi obat diare untuk anak-anak yang bisa kamu dapatkan di apotek. Jangan lupa untuk selalu membaca dan memperhatikan cara penggunaan serta dosis yang tepat sebelum mengonsumsinya!

Disadur dari Yoursay.id 

Obat Diare Apotek Kesehatan


Loading...