FORNAS VII JAWA BARAT, Layangan Naga Menghiasi Langit Bandung

FORNAS VII JAWA BARAT, Layangan Naga Menghiasi Langit Bandung
Editor: Malda Teras Bandung —Minggu, 9 Juli 2023 09:25 WIB

Terasjabar.id - Bandung | Beragam jenis layangan unik, artistik dan sarat kreativitas menghiasi langit di Kota Kembang Bandung dalam lomba Layangan yang digelar Forum Nasional (Fornas) VII Jawa Barat di Lapangan Udara Sulaeman kawasan Kopo Bandung, selama 4 hari (5 - 8 Juli 2023).

Lomba Layangan ini, menurut Ketua Pelaksana Fornas VII Jawa Barat Denda Alamsyah, digelar oleh Inorga binaan KORMI Nasional dalam rangka merawat budaya kearifan lokal yang masih hidup dan berkembang di peloksok daerah, khususnya permainan Layang-layang. Kami berharap permainan layangan ini tetap terjaga dan dilestarikan, karena memiliki daya tarik bagi wisatawan domestik dan wisatawan mancanagara, terang Denda disela acara lomba.

Sementara itu, Hernando koordinator pelaksana lomba menjelaskan, dalam Fornas VII terbagi dua kategori dengan beragam jenis layangan yaitu, Layangan adu dan layangan kreasi.


Khusus kategori layangan adu terdiri dari kategori benang katun perorangan dan beregu, benang nilon perorangan dan beregu, benang bebas perorangan dan beregu.
Sedangkan kategori Layangan Hias ada 5 kategori yaitu; 2 dimensi; 3 dimensi; Train murni/renteng; Train naga dan Stunt Kite.


Peserta yang tampil pada perhelatan kali ini, diikuti oleh utusan dari 18 Provinsi Dari pemantauan koranmandala.com di venue lomba, banyak kreasi ditampilkan diantaranya, Train Naga, versi 3 dimensi bentuk Perahu, Burung dan jenis lainnya.
Berdasarkan penilaian Tim Juri, tampil sebagai Juara Umum Pelangi Jawa Barat dengan raihan 5 medali emas, 5 perak dan 6 perunggu. Sementara Kontingen Daerah Istimewa Yogyakarta harus puas sebagai Runner-up, dengan 3 medali emas dan 2 perunggu.


Berikutnya kontingen Jawa Timur dan Lampung masing-masing 2 medali emas, Kalimantan Timur 1 emas 2 perunggu, Kalimantan Selatan 4 perak, DKI Jakarta 3 perak, Sumatera Selatan dan Kalimantan Utara masing-masing dapat 1 perunggu.

Deny Markum salah seorang peserta dari Kabupaten Kuningan, merasa bangga Tim nya ikut andil menyumbang 1 medali perunggu dalam kategori 3 dimensi.

Wawan Hermawan Jr

Bandung Layangan Naga Fornas VII Jawa Barat Lomba Kopo Bandung


Loading...