Benarkah Mario Dandy Mendapat Perlakuan Istimewa Dalam Lapas ? Begini Faktanya

Benarkah Mario Dandy Mendapat Perlakuan Istimewa Dalam Lapas ? Begini Faktanya
detikNews - Detikcom
Editor: Malda Hot News —Rabu, 31 Mei 2023 10:02 WIB

Terasjabar.id - Tersangka kasus penganiayaan terhadap David Ozora yakni Mario Dandy (20) dikabarkan mendapatkan perlakuan istimewa saat dipindahkan penahanannya di Rumah Tahanan (rutan) Kelas I Cipinang, Jakarta Timur. Mario diduga mendapatkan ruangan sel khusus eksklusif tersendiri di blok tahanan korupsi.

Terkait hal ini, Kepala Rutan kelas I Cipinang, Sukarno Ali buka suara. Berikut penjelasan Karutan terkait kabar tersebut, sebagaimana dirangkum pada Rabu (31/5/2023) :

1. Sesuai SOP

Kepala Rutan kelas I Cipinang, Sukarno Ali menegaskan, Mario tidak ditempatkan seperti apa yang diisukan tersebut. Ia mengatakan, semua tahanan baru yang tengah menjalani pengadilan tetap diterima sesuai dengan standar operational procedure (SOP).

"Pelaksanaan penerimaan dan penempatan tahanan baru sesuai SOP," ujar Sukarno saat dihubungi MPI, Selasa (30/5/2023).

2. Ditahan di Blok Mapenaling

Sukarno menegaskan jajarannya tetap menahan Mario di blok Mapenaling. Diketahui, Mapenaling atau Masa Pengenalan Lingkungan adalah blok bagi tahanan yang baru guna memahami kondisi dan aturan di rutan terbaru.

"(Mario) ditempatkan di blok Mapenaling," ujar Sukarno.

3. Ditjenpas Bantah

Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) juga membantah perlakuan istimewa kepada pelaku kasus penganiayaan, Mario Dandy Satriyo (MDS) di Rumah Tahanan (Rutan) Cipinang, Jakarta. Ditjenpas menegaskan, penempatan Mario Dandy di Rutan Cipinang sesuai prosedur.

"Tidak benar ada perlakuan istimewa. Serah terima dilakukan sesuai SOP di antaranya pengecekan berkas, kesehatan dan antigen," kata Koordinator Humas dan Protokol Ditjenpas, Rika Aprianti saat dikonfirmasi.

(Sumber: Okezone.com) 

Mario Dandy Lapas Viral Cipinang Jaktim Korupsi


Loading...