Berikut Tips Sederhana Menghilangkan Kebiasaan Mengompol pada Anak

Berikut Tips Sederhana Menghilangkan Kebiasaan Mengompol pada Anak
Ilustrasi (Kompas.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 30 Mei 2023 15:14 WIB

Terasjabar.id -- Mengompol atau buang air kecil saat tidur memang menjadi hal yang biasa terjadi pada Si Kecil. Namun, kebiasaan mengompol bisa menjadi salah satu hal yang membuat banyak orang tua khawatir karena tak kunjung berhenti meskipun anak sudah beranjak dewasa. 

Kebiasaan mengompol pada setiap anak umumnya berbeda. Ada beberapa anak yang sudah berhenti mengompol bahkan saat usia mereka masih lima tahunan. Namun, tak jarang juga ditemui anak yang masih mengompol meskipun usia mereka sudah tujuh tahun. Tetapi sebenarnya kebiasaan ini bisa dihentikan, lho. Berikut beberapa tips sederhana yang bisa orang tua lakukan untuk menghentikan kebiasaan mengompol pada anak.

1. Mengatur Jumlah Air

Salah satu cara untuk menghentikan kebiasaan mengompol pada anak adalah dengan mengatur jumlah air yang Si Kecil minum setiap hari terlebih saat waktu malam. Tetapi bukan berarti membiarkan mereka mengalami kekurangan air, ya. Sebaiknya hindari memberikan air minum pada Si Kecil satu sampai dua jam menjelang tidur malam. Berbeda saat siang hari, orang tua sangat dianjurkan untuk memberikan banyak air minum pada Si Kecil.

2. Membiasakan si Kecil ke Toilet

Orang tua dapat mengajarkan kepada Si Kecil untuk selalu ke toilet saat hendak buang air kecil. Membiasakan Si Kecil pergi ke toilet saat ingin buang air kecil juga dapat membantu menghentikan kebiasaan mengompol saat malam hari. pastikan bahwa toilet juga mudah dijangkau oleh anak. Dalam beberapa kasus anak menjadi sering ngompol karena kesulitan untuk pergi ke toilet. 


3. Memuji Si Kecil Jika Tidak Mengompol

Memberikan pujian terhadap Si Kecil ketika mereka tidak mengompol dapat memberikan motivasi kepada mereka. Orang tua dapat memberikan pujian sebagai bentuk terima kasih dan penghargaan karena Si Kecil berhasil tidak mengompol. Karena anak=anak cenderung menyukai pujian, mereka akan terus terdorong untuk tidak mengompol agar bisa mendapatkan pujian dari orang tua mereka. 


4. Hindari Marah-marah

Ingatlah bahwa memarahi anak saat ngompol bukanlah sebuah solusi agar mereka berhenti ngompol. Memarahi anak saat ngompol justru dapat membuat mereka takut dan merasa tertekan. Kebiasaan mengompol dapat berhenti melalui proses belajar anak sendiri.

Nah, itu dia beberapa tips sederhana untuk menghentikan kebiasaan mengompol pada Si Kecil. Yuk, terapkan!

Disadur dari Yoursay.id

Buang Air Kecil Anak Tips


Loading...