Berikut Cara Mencegah Kelabang Masuk Rumah

Berikut Cara Mencegah Kelabang Masuk Rumah
Ilustrasi (Tribunnews.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Sabtu, 13 Mei 2023 14:22 WIB

Terasjabar.id - Kelabang atau dikenal juga dengan sebutan lipan adalah salah satu dari sekian banyak hewan yang ditakuti tak sedikit orang. Tidak jarang kelabang akan masuk ke dalam rumah sehingga keberadaannya membuat tidak nyaman. Tak perlu khawatir, terdapat sejumlah cara mencegah kelabang masuk rumah.

Selain bentuknya yang menggelikan, banyak orang yang takut kelabang lantaran mereka memiliki bisa beracun. Tak heran jika orang-orang ingin mengusir kehadirannya di sekitar rumah sesegera mungkin, apalagi jika jumlahnya yang banyak.


Cara Mencegah Kelabang Masuk Rumah

Berikut ini terdapat beberapa cara mencegah kelabang masuk rumah:

1. Bersihkan saluran air dengan cuka

Biasanya, kelabang akan masuk ke dalam rumah melalui saluran air tempat cucian atau saluran air kamar mandi. Oleh karenanya, Anda harus sering-sering membersihkan saluran air di rumah. Sebaiknya, bersihkan saluran air dengan menggunakan cuka.


Caranya, tuangkan satu setengah gelas cuka ke saluran pembuangan air yang ada di sekitar rumah. Tunggu selama 1 jam, kemudian siram kembali dengan setengah cangkir cuka.


2. Siram saluran dengan pemutih pakaian

Selain cuka, Anda juga dapat mengusir kelabang dengan menggunakan pemutih pakaian. Caranya, campurkan pemutih pakaian kedalam air dengan perbandingan 50:50, lalu siramkan ke saluran pembuangan air. Hindari mencampur cuka dengan pemutih pakaian sebab bisa membentuk gas klorin yang beracun.

3. Pakai kapur anti serangga

Saat ini sudah begitu banyak kapur anti serangga yang dapat dibeli di pasaran. Salah satunya kapur anti kelabang. Cara mengusir kelabang yang satu ini dinilai sangat ampuh, dan praktis.

Anda hanya perlu menggerus kapur atau mencoretkannya di area yang dilewati oleh kelabang di rumah. Dengan begitu, kelabang pun dijamin tidak akan berani lewat dan memasuki rumah.

4. Memakai kapur barus

Selain kapur anti kelabang, Anda juga dapat memanfaatkan kapur barus untuk mencegah kelabang masuk rumah. Kabur barus merupakan salah satu bahan kimia yang dinilai relatif aman untuk digunakan.

Caranya, letakkan saja beberapa butir kapur barus di sejumlah tempat lembap dalam rumah, terutama kamar mandi. Jika kapur barus sudah memuai dan habis, ganti saja dengan yang baru.

5. Semprotkan sabun cuci piring

Cairan sabun cuci piring juga bisa dipakai untuk mencegah kelabang masuk rumah. Caranya, campurkan 2,5 liter air hangat dengan dua sendok makan sabun cuci piring, kemudian masukkan ke dalam botol semprot.

Semprotkan cairan sabun cuci piring ini ke lubang dan area gelap yang ada di sekitar rumah. Lakukan selama beberapa hari, hingga Anda bisa memastikan bahwa sudah tidak ada kelabang yang berkeliaran di sekitar rumah.

6. Gunakan irisan cabai rawit

Cabai rawit sering digunakan untuk menambah cita rasa pedas pada masakan. Aromanya yang segar, perih dan menusuk ternyata tidak disukai oleh kelabang.

Hal itulah sebabnya cabai bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara untuk mengusir kelabang yang dinilai cukup ampuh. Caranya, iris-iris tipis cabai rawit, lalu taburkan di area yang disinyalir sebagai tempat kelabang bersembunyi.

7. Taburkan garam dapur

Cara mencegah kelabang masuk rumah dengan garam dapur ini dinilai sangat simpel. Garam dapur dapat dimanfaatkan untuk membasmi kelabang yang ada di sekitar rumah. Caranya pun mudah, cukup taburkan sejumlah garam ke arah sarang kelabang.




Disadur dari Suara.com 

kelabang Hewan Lipan Cara Mengusir Rumah


Loading...